tepung

INI DIA MANFAAT TEPUNG HUNKWE

Tepung hunkwe merupakan bahan makanan yang sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk dibuat beberapa olahan makanan. Tepung hunkwe ini berasal dari saripati kacang hijau. Tepung hunkwe juga dikenal sebagi tepung pati kacang hijau maupun tepung kacang ijo.

tepung hunkwe

Tepung hunkwe memiliki warna putih dan biasanya dijual dalam kemasan dari kertas berbentuk silinder dengan panjang sekitar 18 cm. Tepung ini akan mengeluarkan aroma yang harum dan warna yang bening ketika di masak dengan tekstur yang sangat kenyal seperti tepung pada umumnya. Dengan aromanya yang cukup khas, biasanya dalam pembuatan penganan tertentu akan sulit ketika tepung hunkwe diganti dengan tepung lain karena akan menghasilkan hasil yang sedikit berbeda dari yang seharusnya.

Selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata tepung hunkwe memiliki beberapa manfaat yang cukup baik. Berikut adalah manfaat yang konon dapat diperoleh dari tepung hunkwe ketika dikonsumsi dalam bentuk makanan:

  1. Energi

Kandungan energi, lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi pada tepung hunkwe berguna sebagai sumber energi dan cadangan makanan bagi tubuh.

  1. Kalsium

Kandungan kalsiumnya dapat membantu pertmbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

  1. Fosfor

Kandungan fosfor dalam tepung ini juga dapat berguna untuk membantu menjaga keseatan tulang dan gigi.

tepung

Selain itu, tepung Hunkwe juga bisa digunakan untuk membuat kue, es krim, cendol, pudding, dan bahkan bubur.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill