sagon

Jajanan Pasar Yang Terbuat Dari Tepung Sagu Mudah Ditemukan di Indonesia

Salah satu bukti kekayaan Indonesia adalah adanya sagu atau tepung sagu yang jarang ditemukan di luar negeri. Sagu sendiri merupakan tepung yang dihasilkan dari pohon sagu yang melalui proses yang begitu panjang. Di beberapa derah di Indonesia seperti di wilayah Papua, sagu menjadi makanan pokok yang sangat enak disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ikan.

Sagu kaya akan kandungan karbohidrat yang bagus untuk menjadi sumber energi dalam tubuh seseorang. Karena kandungannya yang baik, sagu seringkali dibuat menjadi bahan makanan yang enak. Banyak daerah yang mengkreasikan makanan berbahan dasar sagu kemudian dijual di pasar. Berikut adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung sagu yang bisa Anda temukan di pasar modern atau tradisional di lingkungan Anda.

 

Di bawah ini adalah beberapa jajanan pasar yang terbuat dari tepung sagu yang bisa dengan mudah Anda temukan di beberapa wilayah di Indonesia. Rasanya yang nikmat dan membuat Anda jatuh cinta sehingga tidak mudah melupakannya. Berikut informasi selengkapnya,

 

  1. Kue Lompong Sagu

Jajanan pasar yang terbuat dari tepung sagu yang pertama adalah kue lompong sagu ini. Kue lompong sagu adalah kue yang berasal dari daerah Minang. Di daerah asalnya kue inipun sudah jarang ditemukan. Kue lompong sagu terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan berbagai macam bahan seperti pisang, santan kelapa, dan juga aren. Anda tentunya sudah dapat membayangkan rasa manis kue ini.

kue lompong

  1. Ongol-Ongol Sagu

Ongol-ongol sagu merupakan salah satu jajanan pasar yang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan juga lembut dengan rasa yang manis dan gurih mampu membuat Anda jatuh cinta dengan makanan ini. Ongol-ongol biasanya disajikan dengan bentuk potongan kemudian ditaburi dengan parutan daging kelapa yang semakin memperkaya rasa.

 ongol

  1. Laupek Sage

Kue basah yang selanjutnya adalah laupek sage. Laupek sage adalah makanan berbahan dasar sagu yang berasal dari wilayah Aceh. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan juga rasa yang manis gurih. Kue ini biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang setelah dikukus. Di Aceh sendiri kue ini biasanya ada alam acara-acara besar seperti pernikahan.

laupek

  1. Sagon

Jajajan pasar yang terbuat dari tepung sagu yang berikutnya adalah sagon yang merupakan kue kering. Di beberapa daerah kue sagon ini sering kali dijadikan makanan yang harus ada saat lebaran tiba. Kue sagon memiliki rasa yang sangat gurih dan juga renyah. Saat akan membuat sagon Anda memerlukan bahan campuran lain seperti santan kelapa, parutan kelapa, margarin, gula halus dan juga telur ayam.

sagon

  1. Bubur Sagu Ambon

Bubur sagu Ambon sepeti namanya tentunya berasal dari wilayah Ambon. Banyak masyarakat daerah yang memakan makanan ini sebagai kudapan saat menjelang waktu berbuka puasa. Teksturnya yang lembut dan kenyal serta rasa yang manis sangat cocok untuk makanan pembuka.

sagu ambon

  1. Kue Rangi

Kue rangi adalah kue khas betawi yang sangat gurih. Anda bisa menemukannya di pasar-pasar atau daerah sekitar Jakarta. Kue ini dimasak di cetakan yang mirip dengan cetakan kue pancong kemudian disajikan hangat dengan taburan parutan kelapa dan juga gula merah cair.

rangi

Bagaimana jajanan pasar yang terbuat dari tepung sagu mana yang menjadi pilihan Anda? Jika Anda sudah memilih maka Anda bisa langsung membelinya di pasar-pasar terdekat. Untuk sedikit saran Anda harus datang ke pasar saat pagi hari, karena biasanya makanan ini akan cepat ludes terjual.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill