Artikel 2 Inspirasi Baking - Jangan Buang Bahan Makanan Ini ke Bak Cuci Piring

Jangan Buang Bahan dan Sisa Makanan Ini ke Bak Cuci Piring!

Permasalahan pada bak cuci piring memang beragam, mulai dari saluran pipa yang tersumbat hingga tercium bau tidak sedap yang sangat mengganggu  Potongan bahan atau sisa makanan yang dibuang di bak cuci piring bersamaan ketika sedang mencuci piring adalah salah satu penyebabnya. Sampah-sampah pangan tersebut akan menumpuk dan menempel pada pipa hingga menimbulkan adanya bau tidak sedap dan membuat kerak yang sulit dibersihkan. Untuk menghindari itu terjadi, sebaiknya Anda tidak membuang bahan dan sisa makanan ini ke dalam bak cuci piring Anda:

1. Sisa kocokan telur atau cangkang telur

Usap terlebih dahulu wadah yang Anda gunakan untuk mengocok telur dengan tisu. Meskipun sisa kocokan telur tersebut tidak dapat menyumbat saluran pipa, tetapi kotoran ini akan meninggalkan bau tidak sedap pada bak cuci piring Anda. Terlebih lagi jika Anda membuang cangkang telur ke dalamnya. Serpihan cangkang telur yang Anda buang akan menyumbat dan membuat penumpukan sampah makanan di dalam saluran pipa.

2. Kuah sisa makanan atau minyak

Kuah makanan yang banyak mengandung banyak santan dan minyak, jika dibuang ke saluran air akan menggumpal ketika terkena air dingin. Sisa butter atau mentega juga termasuk yang dapat menyumbat saluran air. Karena sesuatu yang berlemak cenderung menggumpal dan tidak dapat larut dengan air. Sebaiknya simpan minyak pada wadah khusus lalu buang ke tempat sampah. Selain dapat menyumbat, minyak juga akan membuat kusan bak cuci piring.

3. Sisa mie, pasta atau nasi

Jika sisa makanan ini jatuh ke salam saluran pipa, sisa makanan ini akan mengembang dan menyebabkan penumpukan sisa makanan yang lain sehingga menyebabkan penyumbatan. Biasanya ini sering terjadi ketika Anda sudah terbiasa mencuci piring dengan banyak sisa nasi, mie atau pasta pada peralatan makan. Atau Anda secara tidak sengaja menjatuhkannya. Sebanyak apapun air yang Anda siram untuk menghilangkan sampah pangan ini, tidak akan dapat menghilangkannya. Jadi sebaiknya, buang terlebih dahulu sisa makanan mie, pasta, atau nasi ke tempat sampah sebelum mencuci peralatan makannya.

4. Kupasan kulit buah dan sayuran

Sekecil apapun bentuknya, buanglah kupasan kulit buah dan sayuran langsung pada tempat sampah karena sampah pangan ini sulit terurai. Sampah pangan ini akan menjerat kotoran lain dan menahan air untuk mengalir ke bawah. Di sisi lain, Anda dapat mengumpulkan sisa makanan organik ini untuk dijadikan kompos tanaman.

5. Sisa makanan bayi, adonan kue atau tepung

Tampaknya memang tepung tidak akan menjadi masalah jika dibuang di bak cuci piring. Tetapi sisa makanan jenis ini akan menggumpal dan lengket jika terkena air dan akan mengeras jika sudah kering. Pastikan sisa makanan ini terbuang ke tempat sampah seperti yang Anda juga terapkan pada jenis bahan dan sisa makanan yang lain.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia