pisau

Jenis Pisau Dapur Dan Kegunaan

Pernahkah anda merasa bingung saat meihat satu set pisau dapur di display salah satu supermarket?  Dengan banyaknya jenis pisau ala chef ini pasti pernah membuat anda merasa bingung. Sebenarnya apa perbedaan satu diantara banyak pisau tersebut? Bagi sebagian chef atau orang yang hobi memasak mungkin sudah tau perbedaan satu set pisau terebut.

Namun bagi anda yang baru memiiki hobi memasak, mengetahui jenis pisau dan kegunaanya sangatlah penting. Dari satu set pisau tersebut ternyata memiliki nama dan fungsi yang berbeda lho..

Yuk simak jenis-jenis pisau beserta kegunaanya berikut :

  1. Pisau Serbaguna

1

Pisau ini dapat digunakan untuk memasak di dapur, hampir semua jenis bahan masakan atau makanan dapat dipotong menggunakan pisau ini, jadi pada dasarnya wanita lebih memilih dan menyukai pisau yang multi fungsi seperti ini karena bisa digunakan untuk memotong berbagai macam bahan-bahan masakan ketimbang harus memiliki satu set pisau yang kegunaannya cukup membingungkan.

  1.    Pisau Besar

2

Pisau ini memiliki gagang yang kokoh dengan ukuran berat yang lumayan. Baik digunakan untuk membelah atau memotong tulang ayam, menyincang daging, memotong sayuran, mememarkan dan mengiris bawang putih. Dan biasanya banyak dipakai oleh juru masak dari China, sehingga lebih sering dijuluki dengan Chinese Chef Knife.

  1.    Pisau Roti

3

Pisau ini yang disebut denga pisau roti, karena bagian bawah pisau berbentuk gerigi tipis. Sering digunakan untuk memotong roti dan cake dan hasilnya potongannya akan lebih halus dan lembut, oleh karena tekstur geriginya memang dirancang untuk itu. Pisau ini dapat juga memotong bahan-bahan masakan yang memiliki kulit yang halus dan licin seperti tomat, terong dan mentimun.

  1.    Pisau Fillet

4

Pisau ini berfungsi untuk memisahkan daging ayam dan tulangnya, membuat irisan yang sangat tipis pada daging, membuang urat dan lemak pada daging serta memisahkan ikan dari tulangnya. Memiliki bentuk memanjang dan lebih ramping dibandingkan bentuk ukuran Pisau Serbaguna.

  1.      Pisau Ukir

gf

Pisau ini sering dipakai untuk mengukir buah dan sayuran karena bentuknya yang kecil, lebih pendek dan melengkung. Dengan bentuk pisau yang seperti ini membuat pemakaiannya lebih fleksibel saat digunakan untuk mengukir buah dan sayur-sayuran.

  1.      Pisau Iris

6

Pisau Iris mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan Pisau Serbaguna, tetapi memiliki desain yang lebih sempit dan tipis. Fnngsinya adalah untuk mendapatkan irisan yang setipis mungkin ketika mengiris bahan-bahan masakan atau mengiris kulit buah, agar irisannya terlihat lebih rapi dan rata.

 

 

 

 

 

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia