220472efd36bce451e8a9de325da9852

Jenis Tepung Populer Yang Sering Dijadikan Kue

Apa perbedaan tepung kanji dan tepung tapioka? Bagaimana pula karakter kue yang bisa dihasilkan tepung ketan hitam? Walau semuanya mudah didapat dan tidak mahal, jarang dari kita yang mengetahui perbedaan kegunaannya. Ini disebabkan oleh lebih populernya resep-resep yang menggunakan tepung terigu. Apalagi, banyak dari tepung  nonterigu digunakan untuk makanan tradisional, sesuatu yang jarang di praktikkan  karena begitu mudah dibeli. Kenali lebih dekat karakteristik tepung ketan, juga tepung-tepung lainnya yang belum terlalu populer di dapur modern. Eksplorasi bahan-bahan ini  dan temukan  kelezatan baru berikut :

  1. Tepung Tapioka

Tepung pati tapioka memiliki nama lain kanji atau aci, dan terbuat dari pati singkong. Untuk membuat pati, singkong harus dihaluskan hingga menjadi bubur. Bubur ini kemudian dicampur air. Setelah itu, disaring dan diperas. Hasil perasan didiamkan semalaman hingga mengendap. Endapan inilah yang disebut pati, yang nantinya akan dikeringkan menjadi tepung tapioka. Jadi, apa bedanya dengan tepung singkong? Tepung singkong diolah dari singkong yang difermentasi dan  dihaluskan  hingga menjadi tepung. Tepung pati tapioka memberi tekstur kenyal, tapi tidak padat, pada penganan tradisional, seperti cireng.
2. Tepung Sagu

Diolah dari batang pohon sagu yang diendapkan patinya dan dikeringkan hingga menjadi tepung sagu. Tepung pati sagu digunakan untuk makanan yang padat dan kenyal. Tekstur ini yang dicari untuk mengimbangi daging ikan yang lembek saat membuat pempek. Dalam beberapa makanan, sagu dan tapioka bisa saling menggantikan, misalnya untuk kue kering dan bakso.  Agar kue kering lebih awet, sangrai tepung sebelum digunakan. Caranya, sangrai tepung bersama sehelai daun pisang. Bila daun sudah kering, berarti tepung juga sudah kering dan siap digunakan.

3. Tepung Beras

Dibuat dari beras yang dihaluskan. Aturan yang sama juga berlaku untuk beras ketan. Caranya memang cukup mudah, sehingga tak jarang orang membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat jajanan pasar yang sempurna, gunakan tepung yang baru digiling. Penganan tradisional, seperti serabi, kue lapis, kue putu, dan nagasari, tidak luput dari sentuhan tepung beras.

4. Tepung Honkue

Tepung hunkue memiliki kualitas yang baik, terbuat dari kacang hijau asli dengan harga yang lebih tinggi dibanding versi yang dicampur dengan tepung sagu. Selain cita rasa yang lebih enak, tepung kacang hijau murni menghasilkan adonan yang lentur, sedangkan yang campuran menghasilkan adonan yang mudah patah saat dibentuk. Hunkue digunakan untuk membuat kue tradisional yang membutuhkan tekstur lembut dan kenyal, seperti cendol dan talam. Meskipun kenyal, kue yang dihasilkan tidak selentur penganan yang terbuat dari tepung ketan.

5. Tepung Kentang

Tepung Kentang terbuat dari kentang yang dimasak, dikeringkan, kemudian dihaluskan. Umumnya dipakai sebagai pengental masakan. Bisa jugz digunakan sebagai pengganti praktis kentang segar untuk meracik perkedel, kroket, dan campuran adonan donat. Pada adonan donat, tepung ini menjadikan donat  lebih empuk dan gurih.

6. Tepung Pati Jagung

Diolah dari pati jagung sehingga dikenal juga dengan nama corn starch atau tepung maizena. Kata ‘maizena’ awalnya adalah merek pati jagung buatan Meksiko. Tepung pati jagung tidak digunakan sebagai bahan utama karena lebih berfungsi sebagai pengental, perenyah, dan pelembut. Berbeda dengan tepung pati jagung, ada pula tepung jagung yang selanjutnya diolah sebagai bahan pangan utama rakyat Amerika Selatan seperti tortilla.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia