jenis tepung

Kenali 7 Jenis Tepung Dan Kegunaannya

Tepung merupakan partikel padat yang berbentuk butiran halus dan bahkan sangat halus tergantung dengan proses penggilingannya. Biasanya digunakan untuk keperluan penelitian, rumah tangga, dan bahan baku industri. Tepung bisa berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu dari gandum, tapioka dari singkong, maizena dari jagung atau hewani misalnya tepung tulang dan tepung ikan. Tepung sendiri terdiri dari beberapa jenis. Hal tersebut dibedakan dari bahan pembuatannya. Selain itu, jenis-jenis tepung tersebut juga memiliki kegunaannya tersendiri. Jadi jangan sampai salah tepung yaaa. Agar tidak salah memilih tepung, berikut informasi untuk Anda mengenai Jenis-jenis tepung.

Kenali 7 Jenis Tepung Ini Agar Tidak Salah Cara Penggunaannya

  1. Tepung terigu

1

Tepung Terigu ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tepung terigu terbuat dari bahan alami yaitu biji gandum yang dibuat dengan proses penggilingan sehingga tercipta hasil berbentuk butiran-butiran yang sangat halus. Tepung terigu memiliki warna putih bersih. Kandungan gluten dan kadar kekenyalan yang dimiliki tepung terigu lebih tinggi dibandingkan dengan gandum. Tepung terigu biasa digunakan untuk pembuatan kue, roti, biskuit, mie, dll.

  1. Tepung Tapioka

2

Tepung Tapioka adalah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung tapioka juga mempunyai beberapa sebutan lain, seperti tepung singkong atau tepung kanji. Tepung tapioka memiliki sifat yang yang dengan tepung sagu yaitu sama-sama mampu merekatkan bahan-bahan sehingga sering digunakan sebagai perekat makanan atau lem. Tepung tapioka ini berwarna putih serta terasa ringan, kesat dan melekat di tangan. Tepung kanji atau tapioka sering digunakan untuk pembuatan pempek, cimol, cilok, batagor, dll.

  1. Tepung Maizena

3

Tepung Maizena adalah pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung. Tepung yang biasa disebut dengan tepung jagung ini merupakan bahan makanan populer yang biasa digunakan sebagai bahan pengental sup atau saus, dan digunakan untuk membuat sirup jagung dan pemanis lainnya. Teksturnya halus dan lembut seperti tepung terigu. Untuk warnanya lebih putih pucat dan keruh. Tepung maizena biasa digunakan sebagai tambahan atau pengganti tepung terigu karena dapat tercipta tekstur makanan yang lebih sempurna. Dalam pemakaiannya tidak boleh terlalu berlebihan karena tepung maizena dapat memercepat basi dan jamur pada makanan. Tepung jagung sering digunakan untuk pembuatan cake, kue, puding, bubur, saus, dll.

  1. Tepung Hunkwe

4

Tepung Hunkwe merupakan tepung yang terbuat dari kacang hijau. Tepung berwarna putih dan bertekstur halus ini akan menghasilkan adonan yang lentur. Kekenyalan yang dihasilkan tepung hunkwe lebih rendah jika dibandingkan dengan tepung ketan. Tepung hunkwe sering digunakan untuk membuat makanan tradisional dengan tekstur kenyal seperti cendol, talam, dll.

  1. Tepung Beras

5

Tepung Beras adalah tepung yang dibuat dari beras yang ditumbuk atau digiling. Tepung beras tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan alkali. Tepung beras dapat dijadikan pengganti dari tepung gandum bagi penderita intoleransi gluten karena tepung beras tidak mengandung gluten. Warnanya putih, bila diraba dengan jari, tepung beras akan terasa lembut lembut dan halus dibandingkan dengan tepung ketan. Biasa digunakan untuk penganan tradisional. Tepung beras sering digunakan untuk membuat makanan tradisional seperti serabi, kue putu, nagasari, rempeyek, dll.

  1. Tepung Ketan

6

Tepung Ketan merupakan tepung yang dibuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang ditumbuk hingga halus. Ketika diencerkan tepung ketan akan lebih kental daripada tepung beras. Tepung ketan sering digunakan dalam pembuatan makanan yang bertekstur kenyal seperti kue gambir, onde-onde, klepon, wingko, candil, dll.

  1. Tepung panir

7

Tepung panir adalah sejenis tepung yang dibuat dari roti kering yang ditumbuk halus. Tepung ini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah. Tekstur tepung panir berbeda dengan tekstur tepung lainnya. Tepung panir ini memiliki tekstur yang sedikit kasar. Selain itu warnanya sedikit keorenan. Tepung panir biasa digunakan untuk membuat kroket, resoles, nugget, dll.

Itulah jenis-jenis tepung yang ada. Semoga dapat Anda pahami dengan baik dan bermanfaat. 🙂

 

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia