51

Kenali 8 Jenis Gula Ini…

Siapa yang tidak kenal dengan sumber pemanis ini. Gula, penambah rasa manis yang bisa membuat bahagia. Gula merupakan karbohidrat sederhana yang menjadi energi dan komoditi perdagangan utama. Perlu kalian ketahui, gula ini memiliki beberapa jenis  lhooo. Kalian hanya tahu gula pasir aja yaa? hehe. Kenali jenisnya untuk memudahkan dalam pengolahan dan penggunaannya. Berikut 8 jenis gula yang perlu kalian ketahui.

  1. Gula pasir

52

Gula pasir merupakan gula yang umum digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Terbuat dari hasil kristalisasi sari tebu yang mudah larut dalam air. Gula pasir ini ada yang berwarna putih dan coklat kemerahan. Gula ini dinamakan gula pasir karena bentuknya yang seperti pasir. Sering digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman.

  1. Gula pasir kasar

53

Gula ini bentuknya sama dengan gula pasir namun hanya saja teksturnya berbeda. Seperti namanya, gula ini teksturnya lebih kasar dan besar dari gula pasir. Karena tidak meleleh pada suhu oven, gula pasir kasar biasa digunakan sebagai taburan pada kue.

  1. Gula bubuk/ icing

54

Gula bubuk atau icing ini merupakan gula halus yang telah mengalami penghalusan sehingga berbentuk bubuk gula. Gula icing baik digunakan untuk membuat krim cake, taburan cake atau kue kering.

  1. Gula donat

55

Gula ini dibuat memang khusus digunakan untuk taburan donat. Tekstur dari gula donat itu sama dengan gula bubuk, halus dan warnanya putih. Saat masuk kemulut, gula ini menimbulkan sensasi dingin. Hal itu disebabkan karena gula donat mengandung mint serta tidak basah saat terkena minyak.

  1. Gula batu

56

Sama seperti gula-gula diatas, gula batu terbuat dari hasil kristalisasi sari tebu. Gula batu memiliki bentuk yang besar seperti batu sehingga gula ini tidak mudah larut dalam air. Gula batu biasa digunakan untuk membuat teh dan kopi.

  1. Gula jawa/merah

57

Gula jawa/merah dibuat dari sari bunga  pohon kelapa. Gula ini dibuat dengan cetakan tempurung dan bambu. Seringkali masyarakat menyamakan gula merah dengan gula aren. Padahal bahan utama yang digunakan antara kedua gula ini berbeda. Hanya saja proses pembuatan, bentuk, serta warnanya hampir sama dengan gula aren. Perlu diketahui bahwa gula jawa baik digunakan untuk diet daripada gula pasir.

  1. Gula aren

58

Gula aren dibuat dari sari bunga pohon aren. Gula ini sering disamakan dengan gula jawa karena bentuknya yang sama. Aroma yang dimiliki gula aren biasanya lebih khas keharumannya dari gula jawa. Selain itu, kandungan mineral dan gizinya yang terkandung di gula aren lebih baik dari gula kelapa. Gula aren sering digunakan untuk pembuatan minuman khas daerah seperti bandrek.

  1. Gula kastor

59

Gula memiliki warna putih seperti gula pasir. Hanya saja tekstur gula ini lebih halus daripada gula pasir. Gula ini mudah larut dalam air, sehingga sering digunakan untuk membuat adonan cake, cookies, dan pastry. Gula kastor ini dapat dibuat dari gula pasir yang ditumbuk kemudian diayak.

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia