Basic Baking Tools

Kenali Alat Baking Untuk Pemula

Pernah terpikir untuk mencoba resep ku tetapi ragu karena belum punya banyak pengalaman dalam urusan panggang-memanggang kue? Masih asing dengan baking tools yang diperlukan untuk membuat kue?

Mari berkenalan dengan macam-macam peralatan baking untuk pemula yang harus anda miliki sebelum mulai berekserimen dengan aneka resep kue.

  1. Oven

81tK5xJpvPL._SL1500_

Salah satu peralatan baking untuk  pemula yang paling penting untuk dimiliki adalah oven. Perlu di ketahui bahwa oven juga memiliki berbagai jenis yang berbeda. Dari yang tradisional sampai yang modern. Diantaranya seperti oven tangkring. Dinamakan demikian karena ia “ditangkringkan” atau diletakkan di atas kompor masak. Terbuat dari bahan aluminum berbentuk kotak, memiliki pintu dan rak. Meski kuno, oven tangkring kerap dicari oleh para baker pemula karena harganya relatif murah.  Alternatif lain bagi baker pemula adalah oven listrik  karena lebih praktis dan dilengkapi dengan pengatur suhu dan timer serta mudah digunakan.

2. Mixer

OX-855 Master Standing Mixer Oxone 3

 

Mixer adalah peralatan baking untuk mencampurkan seluruh bahan adonan hingga menjadi adonan yang diinginkan untuk membuat kue. Hand Mixer adalah mixer yang sekalipun menggunakan tenaga listrik, namun tetap menggunakan bantuan dari tangan untuk menggerakkan arah putaran si pengaduk. Kekurangan dari hand mixer adalah kemampuan dalam mengaduk adonan terbatas, karena motornya lebih kecil dibandingkan stand mixer. Sedangkan stand mixer adalah alat pengaduk adonan dengan kerangka yang dilengkapi sebagai penggerak adonan tanpa perlu harus dipegangi dengan tangan. Kelebihannya, mixer jenis ini memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti timer dan automatic stop yang bisa diprogram.

3. Measuring Cups

61g9vKRwlKL._SL1193_

Untuk beberapa resep dari luar negeri, biasanya menggunakan satuan “cup”  sebagai ukurannya. Sebenarnya penakaran ini lebih mudah karena tak perlu menimbang lagi. Tetapi pastikan Anda memiliki measuring cups  yang tepat. Biasanya dijual dalam satu rangkaian, dari ukuran 1 cup; ⅔ cup; ½ cup; ¼ cup.

4. Baking Pan

images

Baking pan atau biasa disebut dengan loyang juga merupakan baking tool yang penting, karena tak hanya berfungsi sebagai wadah tetapi juga sebagai pencetak kue. Variasi baking pan sangatlah beragam tergantung bahan dan fungsinya. Untuk baking pan yang umum dan paling sering digunakan seperti muffin pan yang berguna untuk membuat muffin atau cupcake, loaf pan untuk banana cake dan aneka roti, baking pan berbentuk persegi dan baking pan berbentuk bulat berdiameter 15 cm.

5. Timbangan

OX-315 Digital Kitchen Scale (stainless Steel) - bawah

Timbangan adalah alat yang digunakan untuk menakar bahan-bahan kue. Sebelum mencampur bahan-bahan itu menjadi adonan, ada baiknya ditimbang agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan resep. Dengan menggunakan timbangan digital merupakan pilihan yang tepat, karena bisa memberikan ketepatan ukuran sampai 1 gram. Dilengkapi dengan kemampuan auto OFF, sehingga timbangan akan mati dengan sendirinya saat tidak digunakan dalam jangka waktu lama, dan layar LCD untuk menunjukkan indikator baterai serta sistem error.

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia