Artikel 6 Inspirasi Baking - Ketahui Jenis Cokelat Ini Untuk Membuat Kue

Ketahui Jenis-jenis Cokelat ini Untuk Membuat Kue

Cokelat adalah sebutan dari hasil olahan makanan atau minuman yang terbuat dari biji kakao (Theobrama cacao). Cokelat sangat digemari oleh hampir setiap orang karena rasanya yang lezat dan nikmat serta dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Cokelat banyak mengandung teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang mempengaruhi tingkat serotonin dalam otak, meningkatkan produksi insulin, mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan berat badan, dan manfaat kesehatan lainnya.

Selain dijadikan sebagai bahan untuk membuat makanan dan minuman, cokelat juga sering dijadikan salah satu bahan baking. Dikutip dari Bogasari.com, berikut ini adalah jenis-jenis cokelat yang dapat digunakan untuk membuat kue:

Couverture

Adalah jenis cokelat yang terbaik dengan kandungan mentega cocoa. Biasanya disebut juga dengan chocolate coating. Couverture tersedia dalam bentuk bittersweet, semisweet, putih, dan cokelat susu. Jenis cokelat ini bagus untuk dijadikan celupan karena bersifat cair.

Cokelat Premium

Cokelat premium mengandung sekitar 50 – 70% cokelat padat, sedikit gula nabati dan minyak nabati. Jadi kandungan kalorinya lebih rendah dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Cocoa Butter

Jenis cokelat cocoa butter mirip engan pasta yang kental karena terbuat dari 50% lemak cokelat yang ditambah gula, rasa, dan bahan pengental. Biasanya cocoa butter digunakan unutk membaut es krim dan aneka dessert.

Chocolate Pasta

Chocolate pasta terbuat dari ekstrak cokelat cair namun kental. Sering ditemukan dalam kemasan botol dan sering digunakan sebagai pemberi aroma pada kue, pudding, dan minuman.

Cokelat Pahit

Cokelat yang berbentuk batangan ini tidak mengandung banyak gula dan baik digunakan untuk membuat kue. Sehingga cokelat pahit dapat juga disebut sebagai baking chocolate. Kandungan kalori yang dimiliki cokelat pahit adalah 504 kalori.

Cokelat Masak

Cokelat masak terbuat dari bahan gula, essense, lesitin, dan susu. Cokelat masak ini lebih dikenal dengan istilah chocolate compound.

Dark Chocolate

Atau cokelat hitam ini rasanya lebih pekat, berwarna lebih gelap, dan memiliki lebih banyak kandungan kimia yang berkhasiat untuk kesehatan. Cokelat hitam tidak mengandung susu murni melainkan cokelat cair, bubuk cokelat, dan minyak cokelat.

Semisweet Chocolate

Tergolong jenis dark chocolate tetapi cokelat jenis ini ditambahkan dengan mentega cocoa dan gula. Sehingga rasanya agak manis dan baisa digunakan untuk bahan dessert. Semiseet chocolate mengandung lemak cokelat sebanyak 27%.

Sweet Chocolate

Sesuai dengan namanya, jenis cokelat ini memang manis dan hampir sama dengan semisweet chocolate, tetapi gula yang ditambahkan ke dalamnya lebih banyak. Biasa digunakan untuk menghias kue dan berbagai jenis makanan lainnya.

Cokelat Susu

Cokelat susu terdiri dari 12% susu, 25% cocoa dan gula. Cokelat susu memiliki rasa manis dan lembut sehingga banyak disukai oleh anak-anak. Kandungan antioksidannya sangat rendah karena ada penambahan gula dan susu yang banyak.

Cokelat Putih

Sebenarnya cokelat jenis ini bukanlah termasuk jenis cokelat karena tidak mengandung cocoa. Tetapi ada sedikit penambahan minyak cokelat didalamnya. Sementara bahan utamanya adalah gula, susu, lesitin, dan vanili.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia