jenis pastry

Ketahui Jenis-Jenis Pastry

Aloha Fans Baking, sudah pada tahu belum nih tentang pastry yang ada di dunia bakery and pastry? Jika kamu belum tahu mengenai jenis-jenis pastry, kali ini inspirasi baking akan membahas lebih lanjut mengenai pastry ya. Sebelumnya apa si pastry itu? Yang pasti pastry salah satu jenis kue yang menjadi salah satu favorit setiap orang ya.

Pastry atau yang biasa disebut dengan patiseri merupakan sebuah pengetahuan dalam penyajian dan pengolahan makanan, khususnya makanan berjenis kue. Patiseri sendiri berasal dari bahasa Perancis “pậtisserie” yang berarti kue. Pada umumnya, tekstur dari pastry lebih keras dan kasar dari jenis kue lainnya. Selain itu, adonan yang digunakan pun tidak kalis.

Lalu ada berapakah jenis-jenis dari pastry? Pastry sendiri terbagi menjadi 2 ya Fans Baking. Berikut jenis-jenis pastry.

Jenis-Jenis Pastry

  1. Pastry beragi

Untuk jenis pastry beragi ada 2, yaitu:

1- Croissant pastry

Croissant pastry memiliki bentuk yang lebih mirip ke bulan sabit. Oleh karena itu, croissant juga disebut dengan roti bulan sabit. Pastry yang satu ini menggunakan adonan beragi dan dilapisi dengan puff pastry.

2- Danish pastry

Danish pastry atau kue denmark adalah pastry yang kulitnya berlapis-lapis. Danish pastry juga menggunakan adonan yang ditambah dengan ragi. Namun untuk lama pengistirahatan danish pastry tidak selama croissant pastry. Jadi tekstur lebih lunak dibandingkan croissant pastry.

Baca juga : Teknik Dasar Membuat Kue Agar Tidak Gagal

  1. Pastry tidak beragi

Untuk jenis pastry tidak beragi ada 4, yaitu:

1- Short pastry

Short pastry termasuk ke dalam jenis pastry tidak beragi, jadi pastry ini tidak akan mengembang saat dipanggang. Short pastry sering digunakan sebagai dasar untuk membuat pie, tart dan quice.

2- Puff pastry

Bertekstur ringan, renyah dan berlapis. Sama seperti short pastry, dalam pembuatan puff pastry tidak diperlukan ragi. Variasi dari puff pastry adalah flaky pastry dan soda water pastry.

3- Phyllo dough

Sebuah dough tidak beragi yang digunakan untuk membuat pastry seperti baklava dan börek dalam masakan Timur Tengah dan masakan Balkan. Ciri-ciri dari jenis pastry ini yaitu ketebalan kulitnya setipis kertas dan berlapis-lapis.

4- Choux pastry

Ciri-ciri dari choux pastry itu ringan dan berongga. Jenis pastry ini diolah dengan cara dipanggang dan digoreng.

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill