Ketan Lapis

Ketan Lapis

Kue lapis merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Disebut-sebut lapis karena biasanya terdiri dari 2 warna atau lebih yang berlapis-lapis. Kue lapis ini dibuat dari bahan tepung beras, tepung kanji, santan, dan juga garam untuk memberikan rasa gurih pada kue lapis. Kue lapis pun juga dapat divariasi bersama ketan ya Fans Baking, jadi nanti namanya Ketan lapis nih. Dijamin rasanya ga kalah mantap dari kue lapis biasanya. Nah, daripada penasaran langsung cek kebawah aja yukk. Berikut bahan dan cara membuat Ketan Lapis.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ketan Lapis.

BAHAN KETAN:

  • 300 gr ketan (rendam selama 2 jam kemudian kukus selama 20 menit)
  • 185 ml santan (tingkat kekentalan sedang)
  • ¾ sdt garam

BAHAN LAPISAN ATAS

  • 100 gr tepung beras
  • 25 gr sagu tani
  • ¾ sdt garam
  • 150 gr gula pasir
  • 500 ml santan hangat (tingkat kekentalan sedang)
  • 2 butir telur (ukuran besar)
  • Pasta pandan secukupnya

Cara membuat Ketan Lapis:

  1. Untuk LAPISAN KETAN, rebus santan dan garam sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Kemudian masukka ketan yang sudah dikukus. Terus aduk hingga meresap sempurna.
  2. Lalu kukus lagi selama 15 menit dengan api sedang, lalu angkat.
  3. Lapisi loyang dengan plastik dan Padatkan kukusan ketan tadi diloyang kotak berukuran 18cm atau seadanya.
  4. Untuk LAPISAN ATAS, campurkan tepung beras, sagu, garam, dan gula pasir. Tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit.
  5. Masukkan telur yang sebelumnya sudah dikocok dn aduk hingga seluruh bahan tercampur hingga rata tidak terdapat gumpalan. Kemudian saring.
  6. Ambil 250 ml adonan dan beri pasta pandan. Sisanya biarkan tetap berwarna putih.
  7. Tuang sebagian adonan berwarna hijau ke atas ketan yang sudah dicetak di dalam loyang. Kemudian kukus selama 12 menit.
  8. Tuang sebagian lapisan berwarna putih diatasnya.
  9. Lakukan langkah 7 dan 8 berulang-ulang hingga adonan habis.
  10. Untuk adonan terakhir, kukus selama 20 menit.
  11. Jika sudah matang, ketan lapis bisa dikeluarkan dari loyang, dinginkan, potong-potong, dan ketan lapis siap untuk disajikan.

Mudah bukan cara membuatnya? Lengkapi akhir pekanmu dengan Ketan Lapis bersama keluarga yang manis. Selamat mencoba ya Fans Baking.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill