Ketekunan dan Keyakinan Berbuah Kesuksesan

Menjadi orangtua tunggal dan menjalankan peran ganda bukanlah hal mudah. Hal tersebut lantaran orangtua bukan cuma harus memenuhi kebutuhan psikologis si buah hati seperti rasa kasih sayang, rasa aman, dan perhatian, tetapi juga harus memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan.

Hal itulah yang dilakoni Hasina (59), yang selama belasan tahun harus membesarkan anak-anaknya seorang diri. Menjadi seorang orangtua tunggal tak membuat ibu dua anak ini surut dalam melangkah dan membaca peluang. Semenjak suaminya meninggal 13 tahun lalu, Hasina bertekad untuk terus hidup maju demi anak-anaknya dan kelangsungan hidup keluarganya.

Berbekal pengalaman bersama sang suami merintis usaha produksi mi, kini Hasina sukses membesarkan usahanya. Sejak 1989, Hasina dan suami mulai merintis produksi pembuatan mi yang dipasarkan ke beberapa penjual mi ayam.  Pada mulanya, ia dan suami menghasilkan 2 kilogram mi per hari.

Pahitnya perjalan ia alami saat merintis usaha di masa lalu.

“Dukanya saat merintis itu ya tenaga kerja yang susah dicari. Pemasaran juga susah, juga dengan alat yang masih serbamanual. Jam 3 harus sudah buat adonan mi, digiling. Biasanya pagi-pagi sudah ada pedagang yang ambil mi,” tutur Hasina.

Akan tetapi, menanggalkan semua duka yang dirasakan di masa lalu, dan berkat ketekunan memproduksi mi, permintaan dari para pedagang mi di sekitar kampung pun meningkat. Ia pun menambah hasil produksi sampai 4 kilogram per hari.

“Saya yakin hari demi hari pelanggan akan bertambah. Dan kenyataannya begitu, hari demi hari para pelanggan datang dengan sendirinya,”jelas Hasina sambil tersenyum.

Selain membuat mi untuk dijajakan kepada para pedagang mi ayam di daerah Semarang Barat, Hasina juga menjajakan mi ayamnya dengan gerobak-gerobak dorong yang ia sediakan lengkap dengan peralatan seperti kompor, panci, dan mangkuk. Satu gerobak ia jajakan berkeliling kampung, beberapa dijajakan oleh anak buahnya yang sebagian besar para perantau.

Diakuinya, tantangan yang dihadapi saat ini ialah semakin ketatnya persaingan pada jenis usaha yang sama. Ia menuturkan bahwa pasaran mi ayam sudah merakyat, di setiap gang, di pinggir jalan, sudah banyak ditemui pedagang mi ayam.

 

Pelatihan dan pengalaman

Sriboga Flour Mill sebagai salah satu produsen yang turut memberikan pembinaan kepada para pelaku UKM berkomitmen memberikan dukungan, khususnya bagi bisnis start up. Dipandang perlu oleh Sriboga Flour Mill untuk memperlakukan para pelaku UKM sebagai mitra bisnis yang akan terus didukung dalam mengembangkan usahanya.

Selaras dengan hal tersebut, sejak 2000, Hasina mulai bergabung dengan UKM binaan Sriboga.

“Sejak mengikuti paguyuban tersebut, saya mendapat tambahan ilmu dan pengalaman. Setiap wilayah dibentuk satu koperasi, di sana saya mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah keterampilan dan kreasi menu mi ayam saya.”

Kini usahanya semakin besar. Kedai miliknya dinamai “Mie Ayam Mandiri” dengan menu andalan mi ayam bumbu bali, selain mi ayam original dan mi ayam bakso. Wujud dari keberhasilannya kini ialah ia mampu membiayai kedua anaknya hingga sarjana.

“Ya, bersyukur saya, sekarang anak-anak sudah sarjana sudah bisa bekerja sendiri-sendiri. Saya tinggal neruske usaha mi ayam saya.”

Selain itu, kini ia sudah memiliki cabang production house di Surabaya dengan enam karyawan yang membantunya dalam proses produksi dan pemasaran mi. Ia berencana tahun depan sudah bisa menempati rumah produksi sekaligus warung barunya yang kini sedang direnovasi.

Hasina pun sadar bahwa usahanya itu dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar sehingga dapat mengurangi pengangguran. [HLP]

 

BIODATA

Nama              : Hasina

TTL                  : Wonogiri, 13 Agustus 1957

Alamat            : Bongsari RT 3/2 No.6 Semarang Barat

Nama usaha    : Mie Ayam Mandiri

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia