kue dari tepung beras

Aneka Kue Basah Dari Tepung Beras

Indonesia tidak hanya kaya dengan budaya dan alamnya, tapi indonesia juga kaya dengan makanannya. Ada banyak sekali makanan tradisional indonesia yang mendunia. Kue basah yang terbuat dari tepung, menjadi makanan wajib ketika ada acara di rumah. Apalagi buat orang yang tinggal di desa. Karena di indonesia, beras menjadi komoditas utama. Ketika bulan puasa pun, sering disantap untuk takjil. Berikut ini aneka kue basah dari tepung beras yang bisa kamu coba di rumah.

 

Nagasari

kue nagasari

Siapa yang tidak kenal dengan kue tradisional indonesia yang satu ini. Ketika ada acara pernikahan di jawa, pasti ada. Di pasar tradisional pun banyak yang menjualnya. Kue basah ini terbuat dari bahan tepung beras, dibagian tengahnnya di beri pisang. Teksturnya kenyal dan lembut. Proses pembuatannya dari bahan tepung, yang dicampur gula pasir dan santan. Lalu dibungkus dengan daun pisang. Sekarang warnanya pun tidak hanya putih, ada yang berwarna biru, merah, hijau dan lainnya.

 

Putu Ayu

kue putu ayu

Orang indonesia pasti mengenal kue yang satu ini, karena di setiap daerah pasti ada. Memiliki rasa manis dan gurih yang enak. Biasanya berwarna hijau dan ditengahnya diberi parutan kelapa. Warna hijaunya pun memakai bahan alami yaitu sari daun suji atau pkamun. Kemudian dicampur dengan gula, tepung, telur dan santan. Proses pembuatan kue basah ini dengan cara dikukus. Sekali gigit tekstur kuenya, akan langsung lembut didalam mulut.

 

Kue Lapis

kue lapis

Aneka kue basah dari tepung beras selanjutnya adalah kue lapis. Kue ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Proses pembuatannya pun mudah. Terbuat dari bahan tepung yang dicampur dengan garam, gula, tepung sagu dan santan. Diberi nama kue lapis, karena bentuknya berlapis-lapis beda warna. Untuk warnanya bisa disesuaikan selera. Bisa memakai warna putih, cokelat, hijau, merah dan lainnya. Tumpukannya bisa 2-4 warna.

 

Kue Cucur

kue cucur pandan

Untuk orang daerah jawa tengah, mungkin mengenal kue ini. Karena pada saat acara pernikahan, kematian dan lainnya selalu ada. Bahkan ada artinya tersendiri. Memiliki rasa yang manis dan legit. Terbuat dari bahan tepung beras, gula merah, santan dan tapioka. Proses membuatnya butuh waktu lama. Karena harus di masak satu persatu, supaya hasilnya bagus,

 

Kue Apem

kue apem

Kue apem memiliki nama yang banyak. Setiap daerah pun, penyebutannya dengan nama yang berbeda. Kue apem ini banyak dijajakan ketika bulan puasa, untuk takjil. Karena rasanya yang manis dan gurih. Sekilas hampir mirip dengan serabi, tapi adonannya lebih kental. Bahkan kini banyak yang ditambah dengan toping yang bermacam-macam. Seperti cokelat, keju dan lainnya.

Masih banyak aneka kue basah dari tepung beras yang bisa kamu coba. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan proses yang mudah.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia