Kue-Kue Khas Dari Betawi

Kue-Kue Khas Dari Betawi

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jakarta, jangan lewatkan kesempatan berwisata kuliner mencicipi makanan khas Jakarta. Orang Betawi ternyata tidak hanya pintar berbalas pantun, mereka juga pintar membuat aneka kuliner yang lezat dan menggoyang lidah.

Tak heran jika kue khas Betawi ini  banyak penggemarnya  mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Apa sajakah kue khas Betawi itu? Simak tulisan berikut.

Kue Kembang Goyang

Kue-Kue Khas Dari Betawi

Kue kembang goyang adalah makanan khas Betawi yang bisa kamu coba. Kue ini dinamakan kembang goyang karena bentuknya yang seperti bunga dan cara pembuatannya dengan cara digoyang-goyang lalu digoreng ke dalam minyak panas hingga adonannya terlepas dari cetakan.

Kue ini termasuk kue tradisional khas Betawi yang banyak peminatnya. Pada mulanya, kue kembang goyang hanya bercita rasa original dan manis. Tapi sekarang sudah banyak inovasi yang dikembangkan pada kembang goyang sehingga rasanya pun semakin bervariasi.

Kue ini biasanya menjadi hidangan yang untuk suguhkan oleh warga Betawi untuk orang-orang yang datang bertamu ke rumahnya. Dan yang lebih unik lagi, kue ini biasanya ditempatkan dalam stoples bening agar bentuk yang indah dari kembang goyang ini tak tertutup oleh warna-warna yang terdapat pada stoplesnya.

Kue Pepe

Kue-Kue Khas Dari Betawi

Orang Betawi memang tak pernah berhenti untuk terus berinovasi untuk menambah kekayaan kulinernya. Selain kembang goyang, ada juga kue pepe yang tentunya sudah sangat familiar di telinga banyak orang terutama orang betawi.

Kue pepe ini mempunyai bentuk yang cantik yang terdiri dari  lapisan warna yang berlapis-lapis. Selain selain terkenal dengan sebutan kue pepe, ternyata kue ini juga mempunyai nama lain yaitu kue lapis sagu karena dibuat dari adonan tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan santan.

Karena kue ini mempunyai tampilan yang warna-warni,  banyak orang yang mengkreasikan susunan warnanya sesuai selera. Biasanya kue ini sering dijumpai di pesta-pesta hajatan orang Betawi. Kue pepe ini biasanya disajikan di atas piring. Warna-warni yang kue pepe ini dengan tekstur yang tampak lengket dan kenyal memberikan ciri khas tersendiri pada fisik kue pepe.

Kue Biji Ketapang

Kue-Kue Khas Dari Betawi

Untuk menemani waktu luang, orang Betawi mempunyai cemilan khas yakni kue biji ketapang. Pada saat menjelang lebaran, biasanya banyak warga betawi yang membuat kue biji ketapang ini untuk dimakan sendiri ataupun dijual.

Camilan ini sangat cocok disuguhkan ketika ada tamu dadakan. Kue biji ketapang ini tidak hanya ada di Jakarta, namun juga bisa ditemukan di daerah-daerah lain dengan penggunaan bahan yang beragam. Kue biji ketapang khas betawi biasanya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa muda.

Saat digigit, biji ketapang biasanya akan renyah, tergantung seberapa mahir pembuatnya. Jika anda penasaran untuk menikmati kue biji ketapang yang gurih dan manis, biasanya hanya ada saat lebaran atau momen tertentu. Namun anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mencari resepnya di internet.

Kue Cincin

Kue-Kue Khas Dari Betawi

Jakarta juga masih menyimpan alternatif kuliner lain yaitu kue cincin. Kue cincin ini mempunyai bentuk seperti kue donat dengan lubang di tengahnya. Yang membedakannya adalah ukuran dari kue cincin lebih kecil sehingga biasanya disebut dengan kue cincin.

Kue cincin bisa dijadikan alternatif untuk teman santai di sore hari bersama kopi atau teh hangat . Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah gula merah yang dicampur dengan sagu. Dari hasil olahan bahan tersebut terciptalah cita rasa manis dan gurih.

Kue Sagon

Kue-Kue Khas Dari Betawi

Kue sagon ini merupakan makanan yang berkaitan atau identik dengan hari raya lebaran dan perayaan-perayaan lain. Bagi masyarakat Betawi, kue sagon adalah menu yang wajib ada ketika lebaran tiba. Kue sagon merupakan kue kering yang dibuat dari bahan tepung beras ketan yang dicampur dengan kelapa. Kue ini mempunyai rasa yang manis dengan aroma yang harum.

Itulah tadi beberapa kue-kue yang berasal dari Betawi. Apa anda sudah mencoba kue-kue tersebut?


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill