Fougase-min-min

Kuliner kue khas hari Paskah dari Mancanegara

Bagi umat Kristiani, hari Paskah merupakan hari raya yang dinanti-nanti. Hari paskah merupakan simbol “kebebasan” yang pada beberapa negara memiliki tradisi sendiri untuk merayakannya. Di Indonesia sendiri tradisi mencari dan menghias telur hari Paskah diadaptasi dari Eropa, yang memiliki tradisi menghias telur pada saat Paskah sejak ratusan tahun yang lalu.

Selain ritual keagamaan dan tradisi-tradisi lainya, momen Paskah juga dirayakan oleh banyak bangsa di dunia dengan makanan khas. Mulai dari sup, kue dan banyak makanan khusus lainya yang dihidangkan di momen Paskah.  Berikut beberapa jenis kue dari beberapa negara yang hingga kini masih kerap disajikan pada saat momen Paskah.

  1. Kue Pashka dari Rusia

Pashka-min-minPashka yang berarti “Paskah” dalam bahasa Rusia, merupakan kue penutup yang disajikan oleh masyarakat Rusia pada saat momen Paskah. Kue ini umumnya berbentuk piramida atau kerucut, dengan hiasan huruf XB yang berartikan “Tuhan Yesus telah bangkit” dalam tulisan Cyrillic.

 

 

  1. Colomba Pasquale dari Italia

Columbia Pasquale-min-minSatu lagi kue yang disajikan pada saat hari Paskah. Di Italia, selain Pizza, kue Colomba Pasquale juga terkenal sebagai kue yang memiliki bentuk unik. Kue ini sama seperti kue-kue yang lain, namun uniknya kue ini berbentuk burung merpati yang memiliki filosofi sebagai lambang kebebasan.

 

 

  1. Fougasse dari Prancis

Fougase-min-minKue dari Prancis ini memiliki keunikan yaitu terdapatnya lubang-lubang yang memanjang di tengahnya. Bentuknya pun dibuat seperti daun atau sejenisnya. Kue ini dibuat dari bahan-bahan yang sama dengan bahan kue-kue pada umumnya. Tapi satu lagi keunikan yang terdapat pada kue ini adalah tepung yang digunakan terlebih dulu dibumbui minyak zaitu dan gula, sehingga kue ini memiliki rasa yang lezat dan khas.

 

  1. Simnel Cake dari Inggris dan Irlandia

Simnel Cake-min-minSimnel Cake merupakan makanan khas yang berasal dari Inggris dan Irlandia. Kue sarat makna ini memiliki filosofi dengan 11 marzipan bola di atasnya, yang melambangkan 11 murid-murid Yesus (kecuali Yudas). Sedangkan Yesus dilambangkan oleh almond yang diletakan pada pusat kue. Kue ini sudah ada sejak abad ke 17.

 

 

 

 

Itulah beberapa informasi mengenai kue-kue unik yang menjadi kue khas dari beberapa negara. Mungkin anda berminat untuk memesan atau bahkan membuat salah satu kue di atas untuk merayakan hari Paskah yang sebentar lagi?


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia