Kuliner Terkenal Berbahan Dasar Kelapa

Kuliner Terkenal Berbahan Dasar Kelapa

Kelapa merupakan salah satu jenis tanaman yang diunggulkan di Indonesia. Bahkan di negara Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan penghasil kelapa terbesar di dunia, adapun beberapa daerah di Indonesia dengan penghasil kelapa tersebar di Pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan.

Dengan banyaknya tanaman kelapa yang tumbuh di Indonesia, membuat para masyarakat Indonesia berkreasi untuk mengolahnya menjadi berbagai makanan yang berbahan dasar kelapa dan rasa yang dihasilkan dari makanan bahan dasar kelapa pun ada yang manis dan juga gurih.

Kuliner dengan bahan dasar kelapa di Indonesia pun sudah mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, terdapat beberapa makanan kelapa yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Lalu apa saja kuliner terkenal berbahan dasar kelapa? Yuk kita simak bersama-sama ulasan berikut ini.

Kuliner terkenal berbahan dasar kelapa antara lain adalah :

  1. Kue Pancong

Kue pancong merupakan kue khas yang berasal dari Betawi  dan kue ini terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan pastinya ada juga kelapa parut kasar. Kue pancong dicetak dalam sebuah cetakan yang berbentuk setengah lingkaran kemudian dibakar di atas api hingga matang. Kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.

  1. Kue Rangi

Tak hanya kue pancong saja yang merupakan makanan khas Betawi, melainkan kue rangi pun juga khas Betawi yang menggunakan kelapa parut dalam adonannya. Dinamakan kue rangi sebab aromanya yang wangi ketika dibakar. Kue ini terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampurkan dengan kelapa parut kasar kemudian disajikan dengan gula merah yang direbus bersama dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu.

  1. Wingko Babat

Wingko babat merupakan kue asli Jawa Timur namun lebih populer di Semarang yang juga terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan, dan gula pasir. Setelah semua adonan dicampur rata, wingko babat dibentuk bulat pipih lalu dipanggang atau dibakar hingga matang. Kelapa parut yang digunakan untuk wingko haruslah kelapa muda agar tekstur wingko babat tetap empuk meski sudah dingin.

  1. Kue Putu

Kue yang satu ini dikenal dengan cara pembuatannya yang sangatlah unik yakni dikukus dalam wadah yang terbuat dari bambu sehingga dapat mengeluarkan bunyi seperti peluit. Kue putu ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam. Cara pembuatannya yaitu dengan mencampur semua bahan lalu tuang setengahnya dalam cetakan bambu kemudian ditambahkan dengan gula merah, kemudian tutup dengan sisa adonan lalu kukus hingga matang. Jika kue putu telah matang, dihidangkan dengan kelapa parut. Kue putu terdiri dari dua warna, yakni putih yang tidak menggunakan pewarna apapun dan hijau yang diberi pewarna alami daun suji.

  1. Kue Sagon

Kue sagon merupakan salah satu kue khas Lebaran yang terbuat dari tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, margarin, gula pasir, dan vanili. Kue sagon memiliki rasa yang manis dan gurih. Meskipun dari penampilan luar teksturnya terlihat padat dan keras, namun saat digigit teksturnya sangat lembut. Kue ini sangat menggoda saat baru matang karena aromanya yang sangat wangi.

  1. Gulai

Gulai merupakan makanan asli Indonesia dengan bahan dasar kelapa yang berupa santan. Masakan yang satu ini memiliki ciri khas berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Rasa yang dihasilkan dari gulai ini adalah rasa yang gurih dengan khas kaya akan rempah-rempah (identik masakan Indonesia). Masakan ini paling enak disantap dengan nasi panas dan sambal cabai hijau, kombinasi ini mampu membuat semua orang menjadi lapar. Karena kelezatannya, gulai sering disebut sebagai kari ala Indonesia oleh masyarakat luar negeri.

Itulah beberapa kuliner terkenal berbahan dasar kelapa yang ada di Indonesia.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia