Macam-Macam Jenis Tepung Untuk Membuat Kue

Macam-Macam Jenis Tepung Untuk Membuat Kue

Bagi sebagian orang, membuat kue merupakan hal yang menyenangkan dan bisa terhitung juga sebagai seni karena bisa menciptakan makanan yang menarik nan indah. Kue memang memiliki banyak pencinta. Kue merupakan salah satu makanan yang paling banyak dipilih untuk disukai.

Apakah Anda juga termasuk orang yang menyukai kue? Dengan rasa suka yang tak bisa disingkirkan terhadap sesuatu yang disukai tentu akan sangat susah bahkan akan terasa menyakitkan jika rasa suka itu terpenuhi.
Namun, jika setiap saat membeli kue tentu hal tersebut juga akan berpengaruh dengan keberadaan uang yang Anda miliki. Memang tak bisa dipungkiri, jika banyak kue yang dibanderol dengan harga yang terhitung tinggi.

Karena faktor tersebut, tentu akan ada niatan untuk bisa membuat kue sendiri untuk menekan budget yang keluar agar tidak terlalu mahal. Apabila Anda seorang pemula maka memang seharusnya mengetahui bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah kue. Biasanya seorang pemula akan mengikuti resep membuat kue agar bisa menghasilkan kue yang sesuai keinginan.

Dengan banyaknya bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue, maka Anda juga harus memerhatikan segala sesuatunya yang berkaitan dengan membuat kue. Salah satunya adalah tepung. Karena tepung untuk membuat kue sebenarnya ada berbagai jenis macamnya. Maka itu juga sangat perlu untuk diketahui.

Macam-macam jenis tepung untuk membuat kue antara lain

Tepung Terigu

tepung teriguSemua orang pastinya sudah mengenal tepung terigu. Tentu Anda juga mengetahuinya juga bukan? Karena jenis tepung ini merupakan tepung yang dikenal dan sangat sering digunakan pada berbagai jenis makanan. Secara garis besar, tepung terigu bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Tepung terigu protein sedang paling cocok digunakan untuk bermacam-macam makanan. Sementara tepung terigu protein tinggi lebih pas untuk membuat roti dan mie. Tetapi jika Anda ingin membuat bakpao dan kue kering, tentu Anda mesti menggunakan tepung terigu protein rendah.

Tepung Beras

tepung beras

Sesuai dengan namanya, tepung ini terbuat dari beras dan dibuat dengan cara dibersihkan dan digiling sampai halus. Tepung beras merupakan jenis tepung yang sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan beragam kue tradisional atau sering disebut tepung untuk kue. Penggunaan tepung beras akan menghasilkan tekstur kue yang renyah. Sehingga tidak mengherankan kalau jenis tepung ini juga kerap dicampurkan dengan tepung terigu agar menghasilkan tekstur kue yang pas.

Tepung Gandum

tepung gandum

Tepung gandum mengandung serat yang jauh lebih banyak dibandingkan jenis tepung lain. Bila Anda menggunakan tepung gandum pada proses pembuatan kue, maka Anda akan mendapatkan tekstur kue yang unik. Kue Anda akan terasa lebih renyah dan berpasir karena serat-serat gandum yang ada di dalamnya.

Tepung Tapioka

tapung tapioka

Selain tepung beras, ada satu jenis tepung lagi yang sering digunakan dalam membuat kue tradisional, yaitu tepung tapioka. Jenis tepung ini terbuat dari sari pati umbi singkong. Tekstur kenyal yang khas didapat dari singkong akan terasa sekali jika Anda mencampurkan tepung tapioka dalam adonan kue Anda.

Tepung Almond

tepung almond

Kemudian ada resep membuat kue yang memberi tambahan tepung almond dalam bahan pembuatannya. Kacang almond yang dihancurkan sampai halus akan menjadi tepung almond yang bercita rasa gurih. Tepung dari kacang almond ini kerap digunakan sebagai pelengkap kue karena bisa memperkaya cita rasa dan kandungan gizi kue secara alami.

Tepung Sagu

tepung sagu

Jenis tepung selanjutnya ada tepung sagu. Tepung sagu sendiri berbahan dasar sari pati pohon sagu yang sudah diproses hingga kering. Jika menambahkan tepung sagu dalam adonan kue Anda, maka kue akan bertekstur kenyal bila menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar. Biasanya tepung sagu cukup populer pada berbagai jenis kue tradisional. Sementara jenis kue modern atau roti jarang sekali menggunakan tepung yang satu ini.

Tepung Jagung

tepung jagung

Dan jenis tepung yang terakhir ada tepung jagung. Tepung jagung dikenal dengan sebutan maizena. Biasanya tepung jagung sering digunakan pada pembuatan kue agar teksturnya jadi lebih lembut. Selain dijadikan bahan campuran kue, tepung jagung juga bisa mengentalkan tekstur kuah pada aneka jenis masakan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia