Makanan Kekinian Yang Hits di Tahun 2017

Dengan popularitas Instagram sebagai salah satu jejaring sosial yang masih berpengaruh hingga saat ini, berbagai aspek kehidupan masyarakat modern disentuhnya. Tak terkecuali dunia kuliner yang memang digandrungi sejak dulu. Berkat Instagram pula muncul istilah kuliner kekinian. Istilah ini digunakan untuk menyebut makanan atau minuman yang sedang viral di dunia maya.

Setelah demam masakan Korea di tahun 2015 dan aneka jajanan pinggir jalan dari Thailand di tahun 2016, tahun ini giliran makanan kecil kreasi negeri sendiri yang sedang populer. Walaupun begitu, beberapa jajanan baru dari Thailand pun masih digemari.

Berikut ini kami tampilkan deretan kuliner kekinian yang digandrungi para pecinta kuliner Indonesia di tahun 2017.

  1. Ayam geprek

Olahan kuliner yang satu ini tengah digemari anak muda, meneruskan tren kuliner serba pedas yang populer beberapa tahun belakangan. Makanan ini disukai para mahasiswa maupun pelajar karena praktis, enak, dan yang paling penting terjangkau untuk kantong anak kos. Biasanya kita bisa mendapatkan sepiring nasi putih, ayam goreng, sambal, dan lalapan dengan harga tak sampai Rp 15.000,-.

Kalau awalnya ayam geprek hanya disajikan dengan sambal bawang dengan level kepedasan yang beragam, kini ayam geprek yang dimodifikasi dengan taburan keju leleh, sambal hijau, atau sambal matah juga diburu para pecinta kuliner.

ayam geprek

  1. Salted-egg Sauce

Salted egg sauce atau saus telur asin yang sudah lebih dulu populer di Singapura kini juga merambah Indonesia. Kalau dulu saus telur asin identik dengan olahan kepiting, sekarang bisa disajikan sebagai pelengkap ayam goreng, mi, atau gorengan lainnya. Saat ini para pebisnis kuliner baru berani menawarkan rice bowl, goreng-gorengan, atau cheesecake dengan saus telur asin. Variasinya belum sebanyak Singapura.

salted egg

  1. Pisang nugget

Kalau beberapa tahun lalu pisang Pontianak yang dibalut tepung keriting ranyah begitu disukai, kini para pecinta kuliner tergila-gila dengan pisang nugget. Seperti nugget berbahan daging ayam, pisang nugget juga dipotong seukuran satu suapan dan dibalut tepung panir renyah. Setelah itu ditaburi topping berlimpah. Mulai dari Nutella, kacang almond, keju, remah Oreo, sampai cokelat leleh dalam berbagai rasa.

pisang nuget

  1. Bola ubi

Jajanan pinggir jalan dari Thailand rupanya masih memiliki daya tarik di antara penggemar kuliner. Setelah es krim rol, kini bola ubi yang populer. Makanan yang dikenal dengan nama khanom khai nok krata di negara asalnya ini cukup berbeda dengan gorengan ubi di Indonesia, karena bagian dalamnya berongga. Tak hanya bola ubi kuning, sekarang sudah banyak penjaja makanan kecil yang menawarkan bola ubi ungu atau hijau.

bola ubi

  1. Minuman mangga Thailand

Potongan mangga yang bertumpuk dan menggunung di atas jus mangga, begitulah tren minuman serba mangga yang cukup populer di tahun 2017 ini. Walaupun jika dipikirkan hal ini sangat aneh dan terasa bertumpuk bagaikan memakan nasi dengan lauk lontong, namun minuman serba mangga ini menjadi salah satu tren yang cukup populer di tahun ini. Beragam gerai minuman baik baru maupun yang sudah ada mulai menjajakan menu ini pada salah satu pilihan mereka.

queen mango

  1. Makanan serba mozzarella

Keju memang merupakan salah satu makanan yang paling populer dan sangat disukai oleh semua golongan mulai dari tua sampai muda dan juga makanan dengan cakupan geografis paling luas. Jika di Italia mozzarella sangat erat kaitannya dengan pizza dan pasta, maka hanya di Indonesia kita bisa menemuin lelehan mozarella di atas sambal bawang dan ayam goreng. Mozzarella memang jadi salah satu bahan eksperimen yang cukup favorit di Indonesia. Hampir semua panganan coba dicocokkan dengan keju ini dan coba dimasukkan ke dalam imajinasi terliar masyarakat Indonesia.

makanan mozzarella

  1. Kue-kue artis

Salah satu kuliner lain yang meroket pada tahun 2017 ini adalah berbagai kue dan jajanan yang dimiliki oleh artis. Berbagai kue ini rata-rata menjadi begitu terkenal pada 2017 dengan mengandalkan berbagai sosok artis sebagai pemiliknya. Sebut saja Surabaya Patata Oki Setiana Dewi, Bandung Makuta dengan Laudya Chintya Bella, Jogja Scrummy dengan Dude Herlino, Princess Cake Syahrini, Makassar Baklave milik Irfan Hakim, Really Cake milik Prilly Latuconsina, Milvil Manado Mikha Tambayong, dan masih banyak lainnya.

Dalam promosinya, kue artis ini mengandalkan sosok publik figur tersebut untuk dapat menarik perhatian. Hal ini memang terbukti berhasil dan kue-kue ini mampu menarik perhatian banyak orang yang penasaran mengenai rasa dari kue-kue tersebut. Walau begitu, tidak sedikit juga suara miring terkait kue-kue ini karena rata-rata bukan merupakan makanan tradisional dari daerah tersebut dan hanya menempelkan embel-embel nama daerah di depan nama kue tersebut.

kue-artis

Itulah tujuh kuliner yang menjadi hits di sosial media dan juga di dunia nyata sepanjang 2017 ini. Mari kita lihat apakah tujuh kuliner tetap tetap dapat bertahan dan hits pada tahun 2018 mendatang.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill