Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Makanan Indonesia memang terkenal di dunia dengan cita rasa yang ditawarkan. Karena setiap makanan Indonesia dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang membuatnya memiliki rasa yang kuat. Bagi masyarakat Indonesia sendiri sudah sangat melekat dengan rasa nikmat makanan khas Indonesia yang kaya rempah.

Namun, lain dengan warga di wilayah negara bagian barat. Mereka terbiasa mengonsumsi makanan yang bagi masyarakat Indonesia terhitung hambar. Namun, meski begitu itulah rasa yang disukai oleh mereka.

Dengan kekayaan rasa yang dimiliki oleh setiap makanan Indonesia menjadikan beberapa makanan khas Indonesia menjadi terkenal di dunia. Hal tersebut dapat terjadi karena ada sebagian masyarakat di dunia yang menyukai rasanya.

Apa sajakah makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia? Mari simak ulasannya berikut ini agar dapat mengetahui makanan Indonesia yang terkenal dan tentu sangat membanggakan bukan?

Nasi Goreng

nasi goreng sayur

Makanan yang satu ini merupakan makanan Indonesia yang terkenal di dunia. Jika nasi goreng memang sebenarnya sekarang sudah sangat mudah ditemui di berbagai negara. Namun, nasi goreng yang khas dari Indonesia itu memiliki cita rasanya tersendiri yang selalu membuat rindu, meskipun di Indonesia banyak sekali yang menjualnya.
Yang dimulai dari nasi goreng dijual di pinggiran jalan, hingga bahkan sampai di restoran bintang lima pun ada. Berkat rasa lezat yang dimiliki nasi goreng, membuatnya diakui oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Beliau menyebutkan bahwa nasi goreng asli Indonesia ini benar-benar sangat sedap dan lezat.

Gado-gado

gado-gado

Kemudian, makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia berikutnya ialah gado-gado. Gado-gado bisa dibilang merupakan saladnya khas Indonesia. Salad yang terbuat dari rempah dan bumbu asli Indonesia. Bahkan pada tahun 2010 yang lalu, gado-gado menjadi juara pertama dalam perlombaan memasak tingkat Internasional pada kategori tampilan sajian kuliner estetika di Napoli, Italia.

Gudeg

gudeg

Makanan Indonesia yang terkenal di dunia selanjutnya adalah gudeg. Gudeg merupakan makanan yang bahannya berasal dari nangka muda yang dimasak dengan tambahan gula palem dan santan. Makanan khas Indonesia ini sering ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg memiliki rasa yang manis pedas membuatnya selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Kuliner favorit yang satu ini ternyata juga diperjual belikan di Melbourne, Australia tepatnya ada di kawasan Clayton Road.

Warung Gudeg yang berada di Melbourne ini merupakan salah satu restoran yang menyediakan gudeg asli Indonesia.

Sop Buntut

sop buntut

Makanan khas Indonesia ini juga termasuk yang terkenal di dunia. Makanan ini terbuat dari potongan ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar baru dimasukan kedalam kuah kaldu sapi. Biasanya makanan khas Indonesia ini disajikan dengan irisan kentang, daun bawang seledri, wortel, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya.

Tapi siapa yang sangka, kalau Sop Buntut ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

Tempe

tempe

Tempe ini dibuat dari berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering turut andil dalam festival kuliner di dunia. Makanan khas Indonesia ini paling sering menjadi bahan masakan yang diolah kembali dengan berbagai macam rasa dan masakan.

Makanan khas Indonesia yang satu ini sekarang tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan di London juga telah tersedia street food yang bernama Warung Tempe dan ternyata sangat digemari oleh masyarakat sekitar.

Sate

sate tempe

Biasanya makanan khas Indonesia ini disajikan dalam dua varian, yaitu ada Sate Padang dan Sate Madura. Banyak wisatawan dari berbagai negara yang berkunjung ke Indonesia, selalu mencari sate karena kelezatannya yang tak bisa tertandingi.

Kita dapat dengan mudah menemukan warung sate di Indonesia, bahkan di New York, Amerika Serikat sekalipun juga memiliki restoran Indonesia yang bernama Satay Junction dan menjual Sate Ayam sebagai menu andalannya.

Nasi Padang

nasi padang

Makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia yang terakhir adalah nasi padang. Nasi padang merupakan kuliner Indonesia yang paling digemari oleh penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara. Bahkan para turis yang datang berkunjung ke Indonesia pun seperti tidak ingin lupa untuk melewatkan kenikmatan dari masakan khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat.

Bahkan disuatu ketika ada juga turis yang berasal dari Norwegia dengan pemilik nama Audun yang kala itu mencicipi Nasi Padang dan karena rasa cintanya terhadap masakan khas Indonesia yang mendunia ini sang turis pun sampai membuat lagu yang berjudul “Nasi Padang”. Karena bumbunya yang kaya akan rempah, hampir tidak ada satupun orang yang bisa menolaknya dan masuk dalam posisi daftar 50 makanan terlezat di dunia.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill