Makanan Vegetarian Ala Indonesia

Makanan Vegetarian Ala Indonesia

Dilansir dari Wikipedia bahwa Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan dengan menunya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun mungkin tetap masih mengonsumsi produk olahan dari hewan yang seperti telur, keju, atau susu.

Supaya pola makan vegetarian tetap sehat, ada baiknya jika tetap memerhatikan keseimbangan kandungan nutrisi di dalam makanan yang hendak dimakan, sesuai dengan kondisi fisik tiap individu. Diketahui jika penggunaan istilah vegetarian sudah ada sejak tahun 1839, Kata ini diambil dari ‘vegetus’, yang berasal dari bahasa Latin, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup.

Alasan seseorang menjadi vegetarian sangatlah beragam, sebagian di antaranya karena faktor kesehatan. Perubahan gaya hidup ini biasanya dikarenakan oleh faktor kesehatan, orang-orang vegetarian percaya bahwa daging itu memiliki dampak buruk untuk tubuh manusia sedangkan sayur memiliki efek yang sangat baik untuk tubuh.

Mengenai makanan vegetarian, banyak orang mengira bahwa makanan vegetarian jatuh nya akan lebih mahal daripada makanan biasa sehari-hari. Pasalnya makanan vegetarian harus lah makanan yang organik dan biasanya berupa salad. Namun ternyata, makanan vegetarian pun juga ada yang murah nan enak. Makanan-makanan vegetarian ala Indonesia ini juga diminati oleh banyak orang.

Makanan vegetarian ala Indonesia antara lain

 

1. Gado-Gado

gado-gado

Gado-gado merupakan salad Indonesia yang tentunya terbuat dari bermacam jenis sayur Indonesia. Makanan Indonesia yang satu ini termasuk makanan yang menjadi primadona untuk mengenyangkan perut bagi para vegetarian. karena gado-gado ini terdiri dari sayur-sayuran yang direbus seperti bayam, kecambah, kacang panjang, selada, kol, toge, kol dan kentang lalu dicampur menjadi satu dengan tahu, tempe dan irisan ketimun.

Lalu disiram dengan bumbu khasnya yang terbuat dari kacang tanah goreng, cabai, garam, air jeruk nipis, kecap manis, dan air. Biasanya gado-gado disajikan dengan bagian atasnya ditambahkan irisan telur dan irisan tomat makanan ini biasanya ditemani dengan kerupuk atau emping sebagai pelengkapnya.

 

2. Urap

urap

Urap atau Urab ini awalnya merupakan makanan vegetarian dari Indonesia. Urab ini juga dikenal sebagai salad Indonesia, urap sering disajikan sebagai lauk pauk dengan makanan lainnya. Urap terbuat dari campuran sayuran seperti kacang panjang, bayam, bertunas, wortel, daun singkong muda, daun pepaya, kol dan lain-lain. Semua sayuran dikukus lalu diiris dan dicampur dengan kelapa parut (serundeng). Kelapa parut biasanya dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, cabai, gula aren, jus asam, garam, gula dan kelapa.

 

3. Pecel

pecel

Pecel sebenarnya mirip dengan makanan gado-gado yang menggunakan bumbu kacang. Pecel adalah salad tradisional yang berasal dari Indonesia yang terdiri dari campuran sayuran dalam bumbu kacang. Sayuran yang digunakan dalam pecel direbus lalu disiram bumbu kacang yang biasanya terbuat dari kacang goreng tambahkan dengan air, gula aren, jus asam, bawang putih, dan cabai.

Pecel bisa disajikan semata-mata atau bisa ditambah dengan nasi, lontong atau ketupat, kerupuk dan lauk pauk lainnya.

4. Ketoprak

ketoprak

Makanan Ketoprak ini hampir sama seperti gado-gado karena juga menggunakan bumbu kacang namun terdiri dari bahan yang berbeda. Ketoprak berasal dari Jakarta dan dikenal sebagai hidangan vegetarian. Ini terbuat dari tahu goreng, bihun rebus, lontong atau ketupat, cabai, bawang putih, kacang tanah  goreng, air, garam, gula aren, kecap manis dan sayuran seperti kecambah, irisan kubis dan mentimun.

Disajikan dengan bumbu kacang dan kerupuk, taburi dengan bawang merah goreng. Ketoprak hanya tersedia di Jakarta dan biasanya dijual dengan gerobak tapi juga tersedia di restoran atau warung.

 

5. Nasi Goreng Sayur

nasi goreng sayur

 

Nasi goreng juga termasuk salah satu makanan khas dari Indonesia. Nasi goreng dijual di setiap restoran, warung pinggir jalan, dan kedai-kedai. Nasi goreng sebenarnya terdapat banyak variasinya dan salah satunya adalah nasi goreng sayur atau dikenal dengan nasi goreng vegetarian.

Nasi goreng vegetarian bisa dikonsumsi oleh para vegetarian karena terbuat dari campuran sayuran, nasi, garam, bawang putih, cabai dan kecap manis. Selain itu, terkadang mereka menambahkan telur berebut, mentimun, kerupuk dan taburan bawang merah goreng tergantung dari preferensi.

 

6. Lotek

lotek

Makanan Indonesia yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan gado-gado yakni terdiri dari beragam jenis sayur Indonesia yang direbus seperti kacang panjang, kol, wortel dan toge yang kemudian dijadikan satu dengan tempe di cobek besar, cobek besar ini berisi sambal kacang dengan tambahan bumbu yang terdiri dari terasi, gula merah dan bawang putih.

Berbagai bahan yang terdapat di cobek kemudian diaduk-aduk sehingga bumbu kacangnya merata, kemudian jika sudah merata dengan baik waktunya lotek disajikan. Mungkin bagi kebanyakan orang biasanya tidak menyukai dengan menu makan berupa sayuran, dan ketika mencoba lotek ini, mereka akan mulai menyukainya dan memakan sayuran dengan lotek.

 

Itulah beberapa makanan vegetarian ala Indonesia yang tentunya menggunakan bahan dasar pembuatan yang ramah berasal dari sayur Indonesia.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia