Makanan Yang Aman Untuk Penderita Maag

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Maag

Orang yang menderita maag memang harus memerhatikan pola makan dan apa saja makanan yang ia makan. Penderita maag harus memilih makanan yang baik dan tidak memicu asam lambung menjadi naik. Apalagi jika asam lambung sedang naik. Penderita harus terus memerhatikan yang ia makan. Lalu apa saja makanan yang baik untuk penderita asam lambung atau maag? Mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini.

Apa itu maag dan apa penyebabnya?

Di lansir dari penyakitmaag.net Maag atau dalam bahasa medis dispepsia atau gastritis akibat peradangan lambung yang mengalami infeksi pada dinding lambung yang disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, sering makan pedas, asin, asam. Ketika terdiagnosa terserang maag, penderita maag akan mengalami rasa sakit pada perut, mulas, perih, nyeri, rasa mual ingin muntah. Maag yang bila tidak cepat diatasi akan berakibat fatal hingga menjadi maag kronis kemudian akan memberi kemungkinan yang semakin menakutkan hingga terjadi kanker lambung. Menurut Gejala dan Tingkat Keparahan Sakit Maag dilalui 4 tahap sebelum menjadi Kanker Lambung, yakni :

1. Maag Ringan

Maag ringan merupakan maag yang sudah umum terjadi ditengah masyarakat masih termasuk tahap ringan yang mana sudah banyak mendera siapa saja. Namun jika dilakukan pemeriksaan kemudian asam lambung akan mulai terlihat di bagian dinding.

2. Maag Sedang

Maag sedang yakni maag yang sering terjadi dan dirasakan yang terkadang menimbulkan rasa nyeri, sakit, mual dan ingin muntah. Namun gejala tersebut lebih muncul ketika perut dalam keadaan kosong belum terisi makanan.

3. Maag kronis

Maag yang sudah lama berlangsung dan terlambatnya penanganan dalam mencegah dan mengobati maag itu sendiri yang mengembangkan gejala dari sakit maag tersebut semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena produksi asam lambung yang semakin meningkat dan peradangan pada lambung yang semakin parah.

4. Kanker Lambung

Kanker lambung dapat terjadi karena akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter Pylori.

Berikut ini adalah makanan yang baik untuk di konsumsi oleh penderita maag

  1. Bubur pengganti nasi

Bubur bisa menjadi solusi untuk pengganti nasi. Penderita maag harus tetap sarapan meskipun tidak terbiasa sarapan agar asam lambung tidak naik. Pilih bubur sebagai menu sarapan bagi penderita maag, karena makanan lunak ini mencegah dan meringankan rasa sakit di perut.

Supaya lebih enak untuk dimakan, penderita maag bisa menambahkan lauk lain telur rebus dan kecap asin. Makan kerupuk diperbolehkan tapi hanya sedikit saja. Sebaiknya hindari makanan yang sulit dicerna dan mengandung banyak serat seperti daging, apalagi untuk sarapan.

  1. Sari kacang hijau

Kacang hijau juga baik untuk penderita maag. Sari kacang hijau dapat mengatasi gangguan asam lambung yang berlebih. Sari kacang hijau ini baik dalam pembentukan lapisan dinding lambung akibat iritasi yang disebabkan oleh tingginya asam lambung yang berlebih. Selain itu sari kacang hijau  memiliki peranan yang sangat penting sebagai asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kentang rebus

Jika penderita maag tidak suka bubur, mungkin kentang ini bisa menjadi solusi untuk penderita maag yang tidak suka bubur. Penderita maag bisa menghaluskan kentang rebus untuk menu sarapan anda. Kentang rebus ini sangat baik untuk menetralkan asam lambung dan mengganti asupan karbohidrat yang berguna untuk membuat perut kenyang lebih lama. sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi untuk sarapan.

  1. Biskuit jahe

Biskuit jahe ini juga sangat bagus untuk penderita maag.  Jahe memang sudah menjadi obat tradisional dari jaman dulu yang sangat baik dalam mengatasi berbagai penyakit termasuk penyakit maag.

  1. Pisang dan pepaya

Pisang dan pepaya ini bagus untuk penderita maag karena mengandung kaluin yang memiliki manfaat dalam menjaga keseimbangan tingkat asam dalam lambung dan juga untuk membuat tekanan darah menjadi normal dan menghilangkan stres. Selain itu pisang dan pepaya juga bermanfaat untuk membentuk lapisan pelindung.

Itu tadi adalah penjelasan seputar penyakit maag serta makanan apa saja yang  bagus untuk dikonsumsi untuk bagi penderita maag. Semoga bermanfaat untuk anda


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill