untitled-1

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Kita

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah ceri ini. Buah kecil dan berwarna merah ini sulit dibudidayakan di Indonesia, sehingga buah ceri memang biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran. Meskipun demikian, buah ceri menjadi buah terfavorit untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai penghias makanan dan minuman. Karena cita rasanya yang lezat dan memiliki kandungan nutrisi yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita.  Buah ceri mempunyai kandungan nutrisi diantaranya seperti Antioksidan, Ellagic acid, Mineral, Bioflanold, Melatonin, Anthocyanin, Perillyl, Vitamin A dan Vitamin C. Jadi, meskipun buah ceri memiliki ukurang yang kecil, tetapi ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat buah ceri yang bisa Anda dapatkan:

Mengurangi lemak dalam tubuh

Buah ceri dapat memecah lemak dan memberikan asupan makanan bagi bakteri baik dalam susu, sehingga memperlancar proses metabolisme tubuh. Jadi, buah ceri dapat menghindarkan Anda dari risiko stroke dan tekanan darah tinggi.

Menurunkan asam urat

Asam urat adalah suatu kondisi metabolik yang mengarah pada penumpukan monosodium urat (MSU) kristal dalam jaringan lunak, seuatu perputaran berulang dari peradangan sendi, dan kerusakan sendi potensial serta kerusakan ginjal. Senyawa kimia alami seperti anthocyanin dan bioflavonoid dalam ceri dapat melawan peradangan. Buah ceri juga memiliki kemampuan sebagai penurun asam urat alami dan mengurangi sifat inflamasi.

Membantu tidur nyenyak

Selain anthocyanin, buah ceri juga mengandung melatonin yang dapat membantu otak Anda mengatur tidur dan menunda proses penuaan. Karena baik untuk mengoptimalkan fungsi otak, buah ceri dapat menghindarkan Anda dari penyakit Alzheimer. Anda bisa mengonsumsi buah ceri ini dengan menjadikannya sebuah minuman jus. Dengan meminum jus sebelum 30 menit sebelum tidur, kualitas tidur Anda akan bertambah baik.

Memulihkan otot

Kandungan anti-inflamasi dalam buah ceri dapat membantu mengurangi nyeri pada otot akibat kelelahan beraktivitas seharian. Kandungan kimia alami yang terdapat dalam buah ceri dapat mengurangi terjadinya peradangan sehingga mampu mengurangi nyeri sendi.

Menyehatkan jantung

Dengan mengonsumsi buah ceri secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, lemah tubuh, dan kolesterol. Kalium dalam buah ceri dapat bermanfaat untuk mengatur fungsi dari detak jantung, sehingga menjadikan jantung sehat dan bekerja maksimal.

Menghaluskan kulit

Tidak hanya lezat dan menyehatkan organ tubuh bagian dalam, ternyata buah ceri juga dapat memberikan manfaat bagi kecantikan. Antioksidan yang tinggi dalam buah ceri dapat menghilangkan jerawat pada wajah dan berguna untuk mempercepat regenerasi sel-sel pada kulit, dimana kulit mati yang dapat menyebabkan kulit keriput dan kusam digantikan dengan sel kulit yang masih muda.

Mencegah kanker

Karena mengandung antioksidan, buah ceri mampu mencegah kerusakan oksidasi dalam tubuh dan mencegah pembentukan amina aromatik heterosiklik yang merupakan salah satu penyebab kanker.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia