Artikel 6 Inspirasi Baking - Membuat Kue Hati Tanpa Cetakan

Membuat Kue Hati Tanpa Cetakan? Emang Bisa?

Terkadang ketika sedang ada ide untuk membuat kue, kita tidak bisa membuatnya karena keterbatasan alat baking yang dimiliki. Apalagi ketika sudah mendekati hari Valentine, mungkin Anda sedang mendapatkan banyak ide untuk membuat jenis kue apa yang pas dinikmati bersama orang spesial. Kue berbentuk hati, sudah pasti ada dalam benak Anda ketika membayangkan bentuk kue yang diinginkan.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak memiliki alat cetak kue yang berbentuk hati? Haruskah Anda pergi ke toko dan membelinya? Tidak perlu, karena Anda perlu berhemat dan hanya akan membutuhkannya setahun sekali. Jadi, pada artikel kali ini kami akan menunjukkan cara membuat kue dengan bentuk hati tanpa menggunakan alat cetak hati.

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 177 derajat celcius. Langkah ini optional karena tergantung pada resep Anda.
  2. Siapkan loyang dengan bentuk persegi dan lingkaran dengan ukuran masing-masing 20 cm.
  3. Beri kertas parchment pada bagian dasar loyang tersebut. Atau Anda dapat menggunakan mentega dengan mengoleskannya pada seluruh bagian permukaan kedua loyang tersebut. Tambahkan tepung satu sendok ke dalamnya lalu miringkan loyang secara perlahan agar tepung tersebut tersebar merata ke seluruh permukaan dasar loyang. Jika terlihat ada tepung yang berlebih, goyangkan loyang untuk mengumpulkan tepung lalu singkirkan.
  4. Tuang dan ratakan adonan kue Anda dalam loyang.
  5. Panggang adonan Anda dalam oven selama 35 menit. Tetapi bisa saja waktu yang Anda butuhkan lebih lama atau sebentar tergantung instruksi resep Anda. Untuk mengecek kematangan kue Anda, gunakan tusuk gigi lalu tusuk bagian tengah kue. Jika Anda temui masih ada adonan yang menempel pada tusuk gigi tersebut, itu menandakan bahwa kue Anda belum matang. Ulangi langkah ini hingga tusuk gigi benar-benar bersih.
  6. Setelah matang, keluarkan kue dari oven lalu biarkan hingga mencapai suhu ruangan. Jika sudah dingin, keluarkan kue dari loyang dengan membalikkan loyang agar kue jatuh di atas rak. Jika masih terasa sedikit panas, diamkan sebentar sebelum dibelah menjadi dua.
  7. Potong kedua bentuk kue tersebut menjadi dua bagian. Lalu satukan dengan satu sisi yang datar dan sisi lain yang melengkung. Pada langkah ini akan terlihat bentuk “hati”nya.
  8. Lapisi kue dengan frosting dan akhirnya Anda dapat bebas menghiasnya.

Selamat mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia