roti berjamur

Mengapa Umur Simpan Roti Tidak Panjang Jika Tidak Menggunakan Pengawet?

Roti telah dibuat sejak 30 ribu tahun yang lalu di Mesir. Cara yang digunakan pun masih sangat sederhana, yaitu dengan menggiling biji gandum dengan cara manual, yang kemudian dicampurkan dengan air dan dimasak di atas batu panas. Ketika adonan dibiarkan pada udara terbuka, ternyata adonan tersebut terlihat mengembang. Dan dari itulah muncul pembuatan roti dengan pengembang.

Penemuan mikroorganisme untuk mengembangkan roti telah membuat roti menjadi semakin bervariasi, yaitu bertambah jenis roti mengembang. Ragi, nama bahan untuk membuat roti mengembang. Selain penemuan mikroorganisme untuk pengembang roti, ditemukan pula kerusakan pada roti yang membuatnya cepat basi atau rusak.

Kerusakan roti dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kerusakan yang disebabkan karena mikroorganisme dan kerusakan reaksi kimia. Kerusakan kimia atau fisik terjadi secara perlahan-lahan yang menyebabkan pengerasan bagian dalam roti (crumb) yang disebut staling. Staling merupakan proses fisikokimia kompleks yang menyebabkan pengerasan crumb, pelunakan crust (bagian atas roti) dan kehilangan kesegaran roti. Air berperan utama dalam terjadinya staling roti, baik secara makroskopik maupun pada tingkat distribusi molekuler selama penyimpanan.

Roti sendiri merupakan makanan yang tidak dapat disimpan lama karena kandungan air pada roti masih cukup tinggi. Nah, dari situlah muncul pemikiran bagaimana cara membuat roti ini tetap awet dalam jangka waktu yang cukup lama. Lalu bagaimana cara memperpanjang umur roti?

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia