roti multigrain

MENGENAL 5 JENIS ROTI YANG BAIK UNTUK DIET

Selain nasi, roti merupakan salah satu alternatif sarapan sehat yang dipilih banyak orang. Cocok dikombinasikan dengan topping seperti selai buah, mentega, dan telur mata sapi, roti dinilai lebih praktis dan tak membutuhkan banyak waktu untuk menyiapkannya.

Beberapa roti juga mengandung sedikit sekali lemak dan kalori sehingga tidak perlu khawatir berat badan bertambah. Tak mengherankan bila banyak orang, khususnya wanita, yang menjadikan roti sebagai salah satu alternatif pengganjal perut saat menjalani proses diet.

Penasaran jenis roti apa saja yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi namun rendah kalori? Yuk, simak baik-baik di bawah ini!

1. Roti gandum

Roti gandum telah lama dikenal sebagai salah satu roti paling sehat yang sering dikombinasikan bersama aneka sajian sehat lain seperti telur, buah, hingga alpukat. Berwarna lebih gelap dengan tekstur kasar, selain rendah lemak, roti yang terbuat dari gandum utuh ini juga tinggi serat sehingga dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, dipadukan dengan karbohidrat kompleks di dalamnya, konsumsi roti gandum saat sarapan akan membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa merasa lemas atau lesu.

roti gandum

2. Roti rye

Roti yang satu ini juga sebenarnya terbuat dari gandum, bedanya roti rye atau lebih dikenal sebagai rye bread dibuat dari gandum hitam sehingga tampilannya pun terlihat lebih gelap dan kasar. Selain tinggi serat, menurut sebuah penelitian dari Lund University di Swedia, konsumsi roti rye secara teratur selama 22 minggu akan meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan, saking tingginya serat di dalam roti ini, konsumsi setangkup roti rye yang dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya akan membuat perut kenyang lebih lama, bahkan hingga delapan jam.

roti rye

3. Sourdough

Tak seperti roti lainnya yang dibuat dengan campuran ragi instan, sesuai namanya, roti bercita rasa tawar ini dibuat dari campuran tepung gandum dan sourdough atau adonan asam berisi bakteri lactobacillus yang baik bagi pencernaan. Selain lebih mudah dicerna, bakteri baik yang ada di dalam roti bertekstur kasar ini dapat bermanfaat untuk membersihkan saluran usus sehingga risiko terkena gangguan pencernaan dapat dihindari.

sourdough

4. Roti multigrain

Sesuai namanya, roti multigrain mengandung beberapa jenis biji-bijian yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Perpaduan biji-bijian seperti flaxseed, quinoa, biji labu, biji bunga matahari, dan beberapa biji lainnya membuat roti ini sarat akan serat pangan yang akan meningkatkan kualitas organ pencernaan, termasuk usus. Tak hanya itu saja, banyaknya biji-bijian membuat roti berwarna kecoklatan ini sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan sehat nan mengenyangkan.

roti multigrain

5. Roti pita

Banyak ditemukan di India, Bangladesh, hingga Nepal, roti pita ternyata memiliki sederet manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan. Dengan kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah, roti pita dapat disajikan sebagai menu sarapan yang sehat namun tetap mengenyangkan. Selain itu, roti pita juga mengandung protein vitamin B, mangan, dan selenium yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal racun akibat radikal bebas.

roti pita


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill