penyebab-adonan-donat-tidak-mengembang

Ternyata Ini Dia Penyebab Adonan Donat Tidak Mengembang

Donat adalah salah satu makanan ringan atau cemilan yang banyak sekali digandrungi oleh masyarakat dunia ataupun masyarakat Indonesia. Makanan ini telah berkembang pesat sekali disetiap nusantara. Walaupun makanan ini sudah sangat amat lama dikenal namun makanan donat masih tetap menjadi makanan favorite yang tidak pernah bosan untuk dimakan. Di Indonesia sendiri makanan donat hingga detik ini banyak sekali toko–toko kue yang menjadikan donat sebagai kue utama mereka untuk dijual.

Saat ini donat tidak hanya dapat ditemukan di area pinggir jalan saja namun kini donat juga sudah dapat ditemukan di mall–mall ataupun restaurant dan toko roti. Namun karna harga yang dijual cukup mahal, kini masyarakat Indonesia mulai mencoba untuk membuat makanan donat sendiri dirumah. Dengan bahan baku dan dasar yang sangat mudah dan banyak dijumpai menjadikan donat bukanlah sesuatu makanan dengan pembuatan yang rumit untuk dibuat.

Namun terkadang dikala kita membuat adonan donat, kesalahan – kesalahan kecil dan kurangnya perhatian lebih membuat adonan donat tersebut menjadi tidak mengembang atau bahkan menjadikan adonan lemas dan tidak mudah dibentuk. Dengan adonan donat yang pas dan cara pembuatan yang sesuai anda dapat membuat donat anda sendiri dirumah dengan beberapa ketelitian.

Penyebab adonan donat tidak mengembang atau yang kerap kali kita sebut bantat adalah ketika membuat adonan kita terlalu lebih banyak mengaduk – aduk adonan donat sehingga adonan akan mejadi  lebih lembek. Tidak hanya itu kebanyakan saat memberikan tepung  tetapi kurangnya memasukan salah satu bahan baku donat atau dalam pembuatannya yang tidak sesuai dengan resep juga dapat menjadi alasan mengapa adonan donat tidak dapat mengembang sempurna seperti yang kita inginkan.

adonan-donat-mengembang

Penyebab lain mengapa adonan donat tidak dapat mengembang adalah karena proses fermentasi yang terlalu lama. Proses fermentasi yang dimaksud disini adalah mendiamkan adonan donat dan mengistirahatkannya. Biasanya pada umumnya proses fermentasi ini dilakukan hanya dalam waktu 10 hingga 20 menit saja. Namun tetap saja pada saat proses ini kita harus tetap mengawasi adonan donat sudah mengembang sesuai keinginan kita atau belum.

Lalu bagaimana mengatasi adonan yang tidak dapat mengembang sempurna seperti yang kita inginkan? Nah dalam proses inilah yang harus anda perhatikan jika adonan donat yang dibuat tidak mengembang atau bantet. Pertama yang harus dilakukan adalah perlunya ketika memanggang atau menggoreng donat naikan lebih banyak temperature untuk membuat adonan tersebut lebih mengembang. Menaikan temperature api dalam memanggang atau menggoreng adonan tersebut dapat bermanfaat agar adonan donat yang bantet tersebut akan mengembang ketika sudah disajikan diatas piring.

Namun jika dengan menaikan temperature api tidak membantu adonan donat yang tidak mengembang mungkin dengan cara menambahkanlebih banyak bahan makanan pengembang roti juga menjadi alternative tersendiri. Bahan pengembang yang biasa digunakan oleh pembuat atau penjual donat adalah pengembang yang bernama Ragi. Jangan takut untuk menambahkannya karena hal itu cukup aman untuk dikonsumsi oleh manusia dan tubuh. Dan alternative lain adalah dengan menambahkan tepung.

Jika adonan terlalu banyak berisikan tepung maka adonan donat tidak akan mengembang namun hal itu dapat membantu jika adonan donat tetap tidak mau mengembang tapi dalam menambahkan tepung tentunya akan mengurangi sedikit cita rasa dari donat yang nantinya akan disajikan dipiring. Ketika menambahkan tepung kita perlu berhati – hati dalam menambahkannya dan tidak boleh kelebihan. Tambahkan aja beberapa sendok tepung agar adonan donat mengembang seperti sesuai dengan keinginan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill