rempah dapur

PENYEDAP RASA ALTERNATIF UNTUK PENGGANTI MSG

Meskipun sudah banyak yang mengetahui bahaya penggunaan vetsin atau mecin atau monosodium glutamate (MSG), buktinya tidak sedikit yang tetap menggunakannya sebagai bahan memasak. Selain dapat menyebabkan adiktif, tidak jarang orang merasa kruang percaya diri jika memasak tanpa penyedap rasa itu.

Tidak ada salahnya bagi anda mencoba mengurangi penggunaan MSG sedikit demi sedikit. Sebagai gantinya, anda bisa memanfaatkan bahan penyedap alternatif pengganti vetsin seperti berikut.

  1. Bawang putih

Aroma dan rasanya yang tajam menjadikan bawang putih sebagai alternatif terbaik pengganti MSG. Sebagai penyedap masakan, anda dapat mencincang kasar, cincang halus, hingga diblender kemudian ditumis hingga harum dan berwarna kecoklatan.

bawang putih

  1. Ebi kering, udang, atau teri

Penggunaan hasil laut seperti ebi kering, udang atau teri dapat memberikan rasa yang lebih gurih secara alami. Selain kandungan protein alaminya, hasil laut ini dapat memberikan citarasa yang lebih baik dibandingkan MSG. Sebelumnya goreng lebih dahulu ebi, udang atau tering, kemudian campurkan dengan bumbu masakan lainnya.

ebi kering

  1. Kaldu alami

Tulang ayam, sapi, ikan, atau seafood yang direbus dan diberi garam, daun bawang dan bawang putih dapat menjadi kaldu alami yang memiliki citarasa lebih baik. Rebus hingga kaldu dari tulang atau kulit seafood keluar dalam api kecil, air sisa rebusan kaldu dapat dipakai sebagai campuran masakan.

kaldu alami

  1. Rempah dapur

Perpaduan gula, garam dan merica sebagai bumbu dasar sebenarnya sudah cukup memberi rasa pada masakan. Namun bubuk rempah-rempah lain seperti pala, ketumbar, kunyit, jintan, kayu manis, cengkeh, paprika dan lainnya juga bisa semakin melezatkan masakan. Pastikan anda bisa menggunakan takaran garam dan gula agar terhindar dari darah tinggi atau diabetes.

rempah dapur


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill