Apa Beda Butter dan Margarin

Belum Tau Kan Perbedaan Butter dan Margarin? Ini Lho Bedanya

Butter dan margarin merupakan dua bahan kue atau bahan masakan yang berbeda. Namun, sebagian orang menganggap bahwa tidak ada perbedaan antara butter dan margarin. Sebenarnya butter dan margarin merupakan dua hal yang berbeda. Nah, penasaran kan apa perbedaan dari kedua bahan dapur ini. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas bentuk dan rasa dari butter dan margarin tidak ada bedanya. Namun, bagi anda yang pintar masak anda pasti tahu kan apa beda butter dan margarin. Jadi perbedaan butter dan margarin dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini.

 

Secara Fisik

Jikad dilihat dari bentuk fisik perbedaan butter dan margarin adalah margarin memiliki warna kuning terang, tidak mudah meleleh, tidak mudah bau dan memiliki rasa yang sedikit asin. Sedangkan jika dilihat dari bentuk fisiknya,butter memiliki warna kuning yang lebih pucat, mudah meleleh dan memiliki aroma seperti susu, tidak tahan lama karena akan berbau tengik.

 

Komposisi

Perbedaan butter dan margarin dari segi komposisinya, margarin terbuat dari bahan dasar lemak nabati yang dicampurkan dengan sedikit pengemulsi sehingga menghasilkan krim yang setengah padat. Sedangkan butter terbuat dari lemak hewani yang berasal dari krim susu oleh karena itu butter memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan dengan margarin.

 

Penggunaannya

Perbedaan butter dan margarin selanjutnya dalam segi penggunaannya adalah, butter lebih sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kue kering (cookies) karena teksturnya yang lembek biasanya butter akan dicampurkan dengan margarin untuk mengimbanginya.

Sedangkan, margarin memiliki tekstur yang padat dan memiliki pengemulsi yang baik jika dibandingkan dengan butter. Tidak heran, jika banyak orang yang menggunakan margarin utnuk masak. Dibandingkan dengan minyak goreng, margarin lebih menghasilkan gorengan atau masaan yang lebih gurih dan lebih beraroma. Selain itu, margarin juga biasa digunakan untuk emmbuat kue seperti cake atau kue basah lainnya.

 

Bahan Dasar Adonan Kue

Jika anda bertanya apa beda margarin dan butter jika digunakan sebagai bahan dasar adonan kue? Jawabannya adalah margarin dan butter sama-sama bisa digunakan sebagai adonan kue. Namun, dari segi tekstur keduanya memilii kelebihan dan kekurangan.

Kue yang berbahan margarin biasanya akan menghasilkan adonan kue yang berkembag semburna dan memiliki tekstur yang lembut. Sedangkan, butter sebagai bahan dasar adonan kue akan menghasilkan kue dengan tekstur yang lkering dan padat karena adonan kue kurang mengembang, namun memiliki aroma yang enak dan lezat.

 

Jenis Olahan Berbahan Dasar Butter dan Margarin

Berikut ini beberapa jenis olahan dari butter dan margarin.

  • Margarin : kue basah, kue bolu, kue sagu, sponge cake, dan cake lainnya yang lembut.
  • Butter : Kue kering seperti biskuit, cookies, nastar, kue jahe, brownies kering, dan kue kering lainnya.

Itulah informasi mengenai perbedaan butter dan margarin. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan apa beda butter dan margarin yang ada dipikiran anda. semogar bermanfaat, terimakasih.

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill