Perbedaan-Kue-Basah-dan-Kue-Kering

Perbedaan Kue Basah dan Kue Kering Yang Kamu Mungkin Belum Tahu

Kue merupakan sebuah makanan yang sangat enak dan lezat yang memiliki berbagai macam rasa, bentuk, dan teknik pembuatan. Nah, untuk jenis kue sendiri biasanya dibedakan antara kue kering dan kue basah. Namun, tahukah anda apa perbedaan kue kering dan kue basah?

Mungkin secara sederhana orang-orang akan menyebutnya kue kering merupakan kue yang digoreng sedangkan kue basah merupakan kue yang di kukus atau direbus.

1. Teknik Pengelolaan

Jika dilihat dari teknik pengelolannya, perbedaan kue basah dan kue kering adalah kue basah menggunakan teknik pengelolaan yang masih mengandung air misalnya dengan cara dikukus dan direbus.

Sedangkan, kue kering diolah dengan cara menghilangkan kadar air yang ada dalam bahan yang digunakan misalnya dengan cara dioven, digoreng, dan dipanggang hingga benar-benar tidak ada kandungan air didalamnya.

2. Jenis Makanan

Jika dilihat dari perbedaan jenis makanannya, kue basah biasanya akan digolongkan sebagai jeis makanan berat karena biasanya kue basah memiliki sifat yang mengenyangkan. Hal ini berbeda dengan kue kering yang biasanya digunakan sebagai cemilan atau snack yang tidak mengenyangkan dan biasanya dikonsumsi sebagai cemilan pada waktu santai.

Oleh sebab itu, biasnya kue kering digunakan sebagai makanan pendamping sedangkan kue basah biasanya disebut dengan makanan utama.

3. Sifat dari Kue Basah dan Kue Kering

Kue basah biasanya merupakan makanan yang cepat basi jika tidak cepat dikonsumsi, hal ini karena adanya kadar air yang masih banyak di dalamnya. Sedangkan kue kering, memiliki sifat yang tidak mudah basi dan bisa bertahan beberapa bulan hingga beberapa  bulan karena tidak adanya kandungan air dalam kue kering.

4. Tekstur

Perbedaan kue basah dan kue kering dilihat dari segi tekstur yang dimiliki keduanya adalah kue basah memiliki tekstus yang empuk, basah dan kenyal. Berbeda dengan kue kering yang memiliki tekstur yang lebih keras namun tetap renyah karena memiliki kadar air yang sangat rendah.

5. Contoh Kue Basah dan Kue Kering

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kue basah dan kue kering ini dia contohnya.

  • Kue Kering : biskuit, cookies, keripik, kerupuk dan sebagainya seperti nastar, kastengel, kue kacang, dan semprit.
  • Kue basah : Segala macam bentuk kue tradisional seperti pastel, wingko, lumpia, lemper, lumpur dan sebagainya.

Sekarang sudah tahukan perbedaan kue basah dan kue kering. Anda lebih suka yang mana, kue basah atau kue kering?

Itulah informasi mengenai perbedaan kue basah dan kue kering. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia