Ternyata Ini Perbedaan Kue Lapis dan Lemang Ketan

Ternyata Ini Perbedaan Kue Lapis dan Lemang Ketan

Siapa yang bilang jika makanan tradisional kini sudah ditinggalkan oleh pencintanya? Hal ini adalah hal yang salah, karena masih banyak pencinta kue tradisional yang mencari kue ini dipasar ataupun mall. Dua contoh kue yang masih banyak dicari adalah lemang ketan dan kue lapis. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan kue lapis dan lemak ketan, hingga mengalami kesalahan ketika membelinya. Ingin tahu perbedaan dari keduanya?

Terdapat beberapa perbedaan mendasar dari kedua kue ini yang akan membantu anda mengindentifikasinya. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya,

  1. Bahan Utama Pembuat Kue

Jika teliti, tentunya akan mudah untuk menemukan perbedaan mendasar dari kedua kue ini. Hal pertama dan paling mudah adalah bahan pembuatnya. Lemang ketan, merupakan kue ketan yang tentunya berbahan dasar ketan. Sedangkan kue lapis memiliki banyak bahan seperti tepung kanji dan tepung tepung beras. Untuk mengetahui bahan dasarnya, cobalah melihat tekstur dari kedua kue.

  1. Perbedaan Kue Lapis dan Lemang Ketan dari Cara Memasak

Perbedaan berikutnya adalah cara memasak kedua kue. Di mana sebagai kue ketan, Lemang harus melewati proses pembakaran hingga matang. Pembakaran pun dilakukan dengan media sebuah bambu. Sedangkan kue lapis dimasak dengan cara dikukus sebelum setiap lapisan ditambahkan di atasnya. Hal ini dilakukan, hingga ditentukan lapisan mana yang merupakan lapisan akhir.

  1. Cara Penyajian Kedua Kue Tradisional

Ketiga, perbedaan terjadi pada cara penyajian kue. Di mana kue lapis lebih sedap atau disarankan disajikan pada saat dingin. Sedangkan lemang ketan, akan lebih nikmat dikonsumsi saat dalam kondisi hangat. Oleh karenanya, jangan terlalu lama membiarkan kue lemang setelah usai dibakar. Karena jika lemang dingin, teksturnya akan mengeras dan tidak nikmat untuk dimakan.

  1. Warna Makanan

Karena lemang ketan merupakan bahan yang terbuat dari ketan, maka warna yang didapatkan adalah warna putih seperti nasi. Dan sebaliknya dengan kue lapis. Di mana kue lapis biasanya dibuat berhiaskan warna-warna menarik. Contohnya, merah dan hijau. Warna-warna ini biasanya didapat dari pewarna alami seperti pandan dan bunga mawar.

  1. Manfaat yang Dirasakan

Banyak orang yang mengatakan, bahwa terdapat manfaat yang berbeda dari kedua kue tradisional ini. Sebagai kue ketan lemang dianggap dapat membuat perut lebih kenyang. Sedangkan kue lapis, hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan. Selain itu, makanan seperti lemak ketan dapat dinikmati beramai-ramai. Sedangan kue lapis justru sebaliknya.

5 perbedaan yang kami sampaikan, diharapkan dapat membantu anda mengindentifikasi kedua kue tersebut. Melalui perbedaan kue lapis dan lemang ketan ini juga diharapkan dapat menjadi pelajaran yang dapat diberikan untuk anak ataupun generasi penerus lainnya. Sehingga kue-kue ini tidak hilang dan tetap ada dipasaran.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill