rendang crispy atau tidak

Kodrat Rendang : Cripsy Atau Tidak Crispy?

Beberapa waktu yang lalu rendang, empat viral di sosial media. Bahkan tidak hanya viral di Indonesia. Tapi juga di warganet Malaysia dan Brunei Darusalam. Hal ini dikarenakan, salah satu kontestas Masterchef UK. Dia membuat masakan rendang bahan ayam dan nasi lemak. Masakannya di komentari oleh salah satu juri, yang menyebutkan kalau ayamnya tidak krispi. Sejak saat itu rendang cripsy viral di sosial media.

Kita pasti tidak asing dengan yang namanya rendang. Makanan khas sumatera barat ini, bahkan sudah mendunia. Mendapatkan predikat “The World’s Best Foods” versi CNN 2017. Rasa makanan ini memang sangat enak. Kalau sudah memakannya, kamu pasti pengen makan lagi dan lagi. Sejak zaman dulu, rendang ayam dan daging selalu menjadi menu utama ketika acara adat Minangkabau. Makanan ini pun, sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia. Tapi di Malaysia dan Brunei Darusalam pun ada.

 

Kontroversi rendang cripsy

Resep rendang, dibuat oleh Hikayat Amir Hamzah pada awal abad ke-16. Sampai akhirnya resep ini menyebar ke Riau, Minangkau, Mkamuiling sampai Malaka. Saat ini pun bermunculan rendang dari berbagai versi. Di setiap daerah, ada sedikit perbedaan rasa. Sebenarnya rendang, merupakan sebuah teknik memasak. Bukan nama dari sebuah makanan. Tapi kini sudah berubah menjadi sebuah nama makanan. Walaupun begitu tidak menghilangkan eksistensi rendang.

Masalah rendang cripsy ini membuat kontroversi di semua pihak. Karena kalau kita lihat proses memasaknya pun, rendang tidak akan cripsy. Tapi lebih ke empuk. Rendang dibuat dari proses gulai, sampai terbentuk kalio dan akhirnya terbentuk rendang. Kamu harus mengaduk rendang terus menerus,sampai mengental dan akhirnya kering. Rendang akan berwarna coklat kehitaman. Proses pembuatannya pun lama sampai 2 hari.

Rendang selalu identik dengan daging sapi. Padahal yang bisa dibuat rendang, tidak hanya daging sapi, karena rendang merupakan proses memasak. Sama seperti tumis, oseng, rebus dan lainnya. Daging ayam, kambing, bebek, itik dan lainnya pun bisa dibuat menjadi rendang. Melihat kontroversi rendang kemarin? Sebenarnya rendang itu harus seperti apa.

rendang crispy masterchef

Juri Master Chef UK tersebut mengatakan, kalau daging ayam yang di masak Zuleha kurang renyah, terlalu empuk, selain itu memadukan nasi lemak dengan rendang ayam kurang lengkap. Tampilan makanannya pun kurang menarik. Tapi Zuleha membuat masakan itu,karena kedua makanan itu memang menjadi menu favoritnya ketika masih kecil. Nasi lemak merupakan nasi khas malaysia dan sering dihidangkan dengan ayam rendang, telur dan lauk lainnya. Mirip dengan nasi uduk di indonesia.

Kalau kita melihat proses masaknya pun, rendang memang identik dengan daging yang empuk. Ketika kita memakannya akan langsung bercampur dengan bumbu dan nasi, jadi masalah rendang cripsy dan tidak cripsy, setuju yang mana?


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill