gimbal udang

Resep Gimbal Udang

Tahu Gimbal, merupakan salah satu makanan khas yang ada di Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer.500 gr udang .

Ada yang menarik dari tahu gimbal ini, yaitu Gimbal. Gimbal sebenarnya adalah semacam bakwan yang di dalamnnya ada udang. Anda bisa membuat Gimbal udang dengan resep dibawah ini:

  1. 200 gr tepung beras
  2. 50 gr tepung terigu
  3. secukupnya Kaldu rebusan dari kepala udang
  4. Bumbu halus
  5. 8 butir bawang merah
  6. 8 siung bawang putih
  7. 2 cm jahe
  8. 1/2 sdm ketumbar
  9. 6 butir kemiri
  10. 2 cm kunyit
  11. secukupnya Garam,gula
  12. secukupnya Minyak goreng

Cara Membuat

  1. Bersihkan udang buang kepalanga lalu sisihkan. Rebus kepala udang untuk bikin kaldu.
  2. Siapkan wadah tuang bumbu halus tambahkan tepung terigu,tepung beras tuangkan sedikit demi sedikit kaldu udang lalu campur sampai mengental tambahkan juga garam dan gula secukupnya terakhir masukan udang aduk rata
  3. Panaskan minyak di kuali. Goreng menggunakan sendok sayur dengan cara meletakkan di pinggir kuali, sambil di siram2,bolak balik hingga kering.lakukan hingga adonan habis.

Selamat Mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia