original klappertart

Resep Membuat Klappertart

Klappertart merupakan makanan khas Belanda namun Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Berikut ini adalah resep bagi Anda untuk membuat Klappertart

Bahan Utama Klapetart

700 ml susu cair

250 gram susu kental manis

75 gram tepung maizena

225 gram gula pasir

225 gram kelapa muda

3 butir kuning telur

60 gram kenari, cincang kasar

150 gram kismis

¾ sendok teh garam.

250 gram mentega

Kayu manis bubuk secukupnya

Cara Membuat Klapertart Kukus Yang Enak dan Mudah

Langkah pertama adalah mencampurkan susu cair dan susu kental manis. Aduk terus sampai rata.

Ambil tepung terigu kemudian encerkan dengan menambahkan air. tidak usah terlalu ecer, sedang saja. Jika terlalu encer maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Selanjutnya ambil kuning telur, kemudian kocok lepas sampai mengembang.

Masukan tepung terigu, telur, mentega dan gula kedalam cairan susu. Masukan kedalam panci kemudian rebus dengan menggunakan api kecil. Anda harus menggunakan api kecil agar adonan yang dibuat dapat matang dengan sempurna.

Biarkan adonan mendidih dan sedikit mengental. Setelah itu tambahkan potongan kelapa muda, vanili, aduk terus adonan sampai rata dan benar-benar matang. Angkat kemudian dinginkan.

Siapkan Loyang yang sudah diberi alumunium foil. Masukan semua adonan kedalam loyang.

Tambahkan kismis, kenari dan taburi dengan kayu manis.

Langkah terakhir kukus adonan klapertart kurang lebih selama 30 menit

Klappertart siap untuk disajikan’

Klapertart juga dapat disajikan dalam keadaan dingin. Anda bisa memasukkannya kedalam lemari pendingin 15 sampai 20 menit. Maka klapertart kukus yang dingin siap untuk anda nikmati. Selamat mencoba!

 

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia