Robot Bisa Memasak? Ini Dia 2 Robot Koki Super Canggih

Robot Bisa Memasak? Ini Dia 2 Robot Koki Super Canggih

Jika Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk memasak karena sibuknya aktivitas, robot yang dibuat oleh salah satu perusahaan berbasis di Inggris, Moley Robotics bisa jadi solusi. Robot Moley Robotics Kitchen, merupakan robot yang bisa memasak apa pun sesuai keinginan dan mampu langsung mencuci peralatan masak.

Chief Executive Officer Moley Robotics, Mark Oleynik mengatakan, Moley Robotics Kitchen akan tersedia di pasaran pada 2018. Dia menjelaskan, robot koki ini sudah lengkap dengan peralatan untuk memasak, layar sentuh untuk pengaturan, pengendalian dan dua lengan tangan robotika handal yang akan melayani pemiliknya.

“Anda dapat menentukan jumlah porsi, jenis masakan, pembatasan diet, menghitung kalori, bahan yang diinginkan, metode memasak. Dan koki mengukur bahan-bahan kemudian tekan tombol start,” jelas Oleynik, dilansir Telegraph, Jumat 4 November 2016.

Oleynik menjelaskan, pemilik robot koki itu hanya perlu menyediakan bahan mentah untuk dimasak. Melalui sistem yang sudah diprogram Moley Robotics, masakan yang diolah bisa serupa dengan masakan para koki handal.

Canggihnya lagi, robot koki bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone. Ketika bahan sudah disiapkan, lalu pemiliknya sementara bepergian, ketika pulang masakan sudah pun sudah siap.

Oleynik menuturkan, robot dapur ini bisa digunakan secara offline. Oleynik mengklaim, perusahaannya merupakan yang pertama menciptakan robot koki handal dan mampu mencuci peralatan memasak. Rencananya, Moley Robotics Kitchen akan dijual dengan harga Rp 180 juta-an.

Selain itu ada juga robot yang bisa membuat berbagai masakan dari mie. China terkenal dengan berbagai masakan berbahan dasar mie. Di sana mie dibuat sendiri oleh para koki restoran khusus mie. Pekerjaan yang cukup memakan waktu dan butuh kerja keras sekarang tidak perlu dilakukan manusia lagi.

Robot Bisa Memasak? Ini Dia 2 Robot Koki Super Canggih

Seperti dikutip dari CNNgo, Senin (27/8), sejumlah restoran mie di China saat ini menggantikan pekerjaan koki dengan robot bernama “NoodleBot”. Robot koki ini berwajah mirip Ultraman, tokoh pahlawan di serial televisi anak-anak Jepang.

NoodleBot diciptakan oleh Cui Runquan, seorang petani juga pengusaha restoran dari Provinsi Hebel di China tengah. “Saya membuat robot ini karena saya ingin membebaskan kerja keras koki saat mengiris dan memotong mie,” ujar Cui kepada TV Beijing.

Cui menciptakan robot ini pada tahun 2007 dan menerima hak paten secara nasional untuk penemuan dan nama merek, Chef Cui pada tahun 2008.

NoodleBot bekerja sangat mahir dan produktif dengan mengiris 150 buah mie per menit, tiga kali lebih efisien daripada koki manusia.

Robot ini dijual dengan harga sekitar Rp 22 juta. NoodleBot membuat jenis mie China tertentu yang disebut xiao mian. Ini adalah hidangan utama yang berasal dari Provinsi Shanxi dan sekarang sangat populer di seluruh China.

“Saya sering datang ke sini untuk menikmati xiao mian. Rasa mie nya sama tapi presentasinya lebih bagus,” ujar seorang pelanggan di restoran mie Nanjing yang juga menyewa NoodleBot sekitar sebulan lalu.

Sementara itu, Duan Wanhu, Manager of Tianxiang Food Machinery Factory mengatakan pabriknya sudah memproduksi robot koki ini sejak dua tahun lalu. Sekarang ini ada sekitar 20 NoodleBot yang dirakit untuk sejumlah restoran di berbagai provinsi di China.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill