Roti atau Nasi Mana Yang Lebih Menyehatkan

Roti atau Nasi Mana Yang Lebih Menyehatkan ?

Banyak perbedaan pendapat dalam konsumsi roti dan nasi. Tidak seperti orang Barat yang lebih terbiasa mengunyah roti, orang Asia, termasuk Indonesia, lebih suka makan nasi. Ada yang mengatakan bahwa nasi bisa membuat Anda gemuk, tapi ada yang bilang roti sulit dicerna. Jadi mana yang terbaik? Mari kita lihat apakah roti atau nasi lebih sehat mana? Untuk mengetahui nya, lihat paparan berikut ini:

1. Karbohidrat

Beras adalah karbohidrat rendah, sedangkan roti kaya akan karbohidrat. Proses enzim ini memecah karbohidrat kompleks sehingga menyebabkan konsumsi kalori lebih banyak. Jadi, jika Anda mengonsumsi nasi, ada sedikit energi yang dibutuhkan untuk memecahkan partikel karbohidrat daripada roti. Bagi orang dengan sistem pencernaan yang lemah, sulit untuk mencerna roti dengan mudah. Lebih baik makan nasi daripada roti jika Anda menderita gangguan pencernaan.

2. Malas dan lesu

Tak sedikit dari Anda yang merasa malas atau lesu setelah makan nasi di siang dan malam hari. Apakah Anda sering mendengar kata-kata “tertidur setelah makan nasi?” Hal ini karena asupan beras telah menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat. Itu sebabnya orang merasa lesu atau bahkan mengantuk setelah makan nasi. Tapi di sisi lain, jika Anda memiliki roti dalam diet Anda, Anda tidak akan merasa malas setelah memakannya. Untuk mengatasi rasa kemalasan, ada baiknya Anda makan roti yang tidak berakibat pada tubuh menjadi lesu.

3. Lemak

Beras mengandung lebih banyak lemak dibanding roti. Bagi Anda yang menderita obesitas tidak disarankan makan nasi yang bisa membuat tubuh lebih besar. Namun, jika ingin mengonsumsi nasi, masak dengan pressure cooker agar semua air meresap ke dalam nasi sehingga lebih sehat saat dimakan.

4. Serat

Mana yang lebih banyak serat, nasi atau roti? Jawabannya sangat mudah. Roti yang kaya akan karbohidrat kompleks juga kaya akan sumber serat. Serat sangat penting untuk menjaga kenyamanan pergerakan di usus. Di sisi lain, nasi tidak memberi kita serat sebanyak roti.

Memilih sumber karbohidrat paling sehat untuk Anda

Makanan pokok jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar bisa memberi kesehatan tubuh. Pasalnya, setiap kebutuhan pokok memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, jika Anda benar-benar perlu memilih dari empat sumber karbohidrat, disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.

Misalkan Anda menderita diabetes. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi karbohidrat serat tinggi, yaitu roti. Sementara jika Anda kurang kuat atau rendah gula darah, nasi putih akan membantu menstabilkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan energi. Akan lebih baik jika Anda mengubah makanan pokok sehari-hari. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan lebih beragam nutrisi. Usahakan jangan terlalu banyak mengatas nasi atau roti saja.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia