Resep Roti Canai

Roti Canai

Roti berbentuk lingkaran ini memiliki sejarah panjang dengan nama yang beragam di berbagai macam negara. Sebagian mengatakan roti ini berasal dari India dan diberi nama Roti Cane karena berasal dari Chennai (Madras, India). Di negara lain, roti ini disebut Prata (Malaysia, Singapura), Palata (Myanmar), atau Farata (Mauritius). Di negara Eropa makanan ini dikenal sebagai Flying Bread (Roti Terbang), sedang di Cina dinamai Yin Du Jiang Bing yang berarti Biskuit Panggang India.

Berbagai macam nama dari roti canai ini melambangkan bahwa roti canai ini digemari oleh masyarakat mancanegara tidak hanya ada di Indonesia saja. Anda dapat membeli roti canai ini di outlet pinggir jalan ataupun di restoran India yang ada di Indonesia. Sebelum membeli roti canai, lebih baik Anda mencoba membuat roti canai sediri dengan resep yang sudah kami siapkan untuk Anda.

Bahan:

300 gr tepung terigu
1 butir telur ayam
50 ml minyak goreng
150 ml air hangat
1 sdm susu bubuk
1 sdt gula halus
1/2 sdt garam
Margarin secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan

Cara membuat:

Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting-banting adonan hingga kalis dan tidak lengket.

Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih, diamkan selama 1-2 jam.

Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar-benar tipis, lalu oleskan mentega hingga merata. Gulung adonan, tarik-tarik agar adonan menjadi lebih panjang.

Gulung adonan dengan arah yang berlawanan hingga membentuk seperti huruf S, lalu satukan atau tumpuk adonan.

Pipihkan adonan hingga melebar sambil ditarik-tarik karena adonan agak lengket. Ulangi langkah ini hingga 4-7 kali.

Goreng di atas wajan tanpa minyak hingga berubah warna kecokelatan, roti canai siap disajikan.
Selamat Mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia