Sarapan Sehat Untuk Si Kecil

Sarapan Sehat Untuk Si Kecil

Sarapan merupakan makan di waktu pagi hari yang dimulai pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 10.00 pagi. Sarapan memanglah sangat penting apalagi bagi anak-anak, karena sarapan memiliki peran penting untuk tubuh, dengan sarapan anak akan memiliki energi dalam menjalani rutinitas sehari-harinya.

Saluran pencernaan anak beristirahat selama mereka tidur, sekitar delapan hingga sepuluh jam lamanya. Sedangkan, tubuh anak memerlukan asupan makanan untuk membentuk energi yang akan digunakan beraktivitas seharian dan menjadikan anak lebih berkonsentrasi dalam belajar. Sebelum si kecil berangkat ke sekolah untuk menuntut ilmu, wajib hukumnya bagi para orang tua untuk memberikan mereka sarapan dan orang tua juga harus membiasakan anak untuk sarapan setiap harinya.

Dengan pentingnya sarapan anak yang tentu harus diberikannya setiap hari, maka Anda sebagai orang tua pun juga seharusnya menyiapkan sarapan sehat dengan memberikan makanan bernutrisi. Jangan pernah membiarkan anak kita berangkat ke sekolah dengan perut kosong. Saat terburu buru berangkat ke sekolah otak dan tubuh bekerja dengan cepat. Proses pembakaran energi dengan kondisi tangki yang kosong punya efek lebih buruk dibanding anak terlambat datang ke sekolah. Sudah banyak penelitian, pengalaman pun eksperimen membuktikan sarapan sangat berkaitan dengan daya tahan, kerja otak serta konsentrasi di kelas.

Maka dari itu pun Anda sebagai orang tua seharusnya memberikan sarapan sehat untuk si kecil demi kebaikannya. Sarapan sehat untuk si kecil yang bisa Anda terapkan antara lain

1.    Sandwich

sandwich

Sandwich merupakan menu sarapan yang sudah pasti familiar bagi keluarga di Indonesia maupun luar negeri. Sandwich memang populer disantap ketika sarapan karena kandungan gizinya yang cukup lengkap. Selain bisa memberikan karbohidrat yang cukup, kadar lemaknya juga rendah karena kita menggunakan roti gandum. Sandwich pun juga dapat dibawa sebagai bekal makan siang yang amat praktis.

2.    Baked Potato Kentang Panggang Keju

baked potato

Selanjutnya baked potato kentang panggang keju, menu sarapan sehat yang sudah pasti menggugah selera. Tentunya menu sarapan sehat yang satu ini dibuat dari kentang yang dipanggang dengan oven dan dimasak menggunakan keju quick melt pasti sangat disukai oleh suami dan anak-anak. Bukan hanya untuk sarapan pagi, menu makanan ini juga sehat dan bergizi untuk bekal anak sekolah.

3.    Oatmeal

oatmeal

Sarapan anak yang bisa Anda jadikan referensi selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal sebenarnya hampir sama dengan sereal dalam hal penyajiannya. Dan perbedaannya ada pada oatmeal yang tersedia beberapa jenis oatmeal tertentu yang harus dimasak. Di Indonesia sendiri jenis oatmeal belum populer karena memiliki rasa yang hambar. Meskipun begitu, oatmeal mengandung serat yang tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, ketika memilih menu sarapan anak dengan ini, maka Anda bisa menambahkan madu dan potongan buah untuk rasa yang lebih mengundang selera.

4.    Onigiri

onigiri

Makanan asli Jepang ini pun bisa dijadikan pilihan menu sarapan sehat dengan makanan bernutrisi. Indonesia yang makanan pokoknya adalah nasi, dan keluarga Anda merasa tidak lengkap jika tidak menyantap nasi ketika makan maka Anda bisa memilih menu sarapan anak yang satu ini. Untuk menjadikan sarapan sehat, Anda bisa berkreasi dalam pembuatannya dengan menambahkan isian sehat yang beragam.

5.    Sate Tempe dan Sayuran

sate tempe

Sate tempe dan sayuran juga bisa Anda jadikan referensi selanjutnya, karena hanya terbuat dari bahan yang sederhana yaitu dengan tempe dan sayuran. Yang biasanya anak-anak jika disuruh makan tempe dan sayuran itu susah. Padahal kedua bahan makanan tersebut banyak mengandung gizi yang bagus sekali untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Nah, dengan membuatnya menjadi sate, anak-anak tentu akan merasa tertarik dan memakannya dengan lahap.

6.    Smoothies

smoothie

Apabila Anda tidak memiliki waktu yang banyak dalam menyiapkan sarapan sehat untuk si kecil namun Anda juga ingin memberikan makanan bernutrisi. Maka Anda bisa memilih smoothies untuk sarapan anak. Karena smoothies ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dalam penyiapannya. Smoothies cocok untuk dipadukan dengan buah namun yang paling cocok adalah perpaduan pisang dengan stroberi yang diblender dengan susu rendah lemak. Apabila Anda menginginkan sarapan sehat smoothies yang lebih mengenyangkan, maka Anda pun bisa menambahkan oatmeal atau buah beku ke dalamnya. Menu sarapan yang satu ini pun bisa Anda nikmati di mana saja.

7.    Nasi Goreng

nasi goreng sayur

Anda  bisa membuat nasi goreng yang lebih bervariasi sekaligus menyehatkan yang cocok dijadikan sarapan sehat selanjutnya untuk si kecil. Untuk menjadikan makanan bernutrisi, Anda bisa menambahkan beberapa sayuran di dalamnya tak lupa juga daging atau telur.

8.    Masakan Daging Cincang

buncis daging cincang

Referensi menu sarapan sehat selanjutnya Anda bisa membuat perpaduan antara daging cincang dan sayuran hijau seperti buncis. Belum lagi bisa ditambah dengan gurihnya keju yang sudah pasti anak akan sangat menyukainya. Sarapan praktis ini dapat anda buat pagi hari dan jangan lupa dicampurkan dengan sayuran yang dipotong kecil atau disawut untuk menambah serat serta vitamin anak.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill