Sejarah Unik Terciptanya Kue Donat

Sejarah Unik Terciptanya Kue Donat

Donat (donat atau donat), adalah sejenis makanan, terbuat dari tepung, gula, telur dan pasta mentega. Seluruh adonan kemudian dicampur dan diaduk secara merata sampai adonan yang sempurna diperoleh. Adonan tersebut kemudian dibentuk sebagai cincin dengan lubang di bagian tengah lalu digoreng dengan minyak panas. Untuk menghiasnya, Anda bisa menambahkan meises, tepung gula, krim, dll.

Pada dasarnya, donat terkenal seperti makanan atau kue yang berongga. Bentuk seperti ini adalah bentuk awal donat, sejak pertama kali dibuat. Tapi seiring waktu, Donat mengalami banyak perubahan dan variasi baru. Bentuk donatnya tidak hanya berongga, tapi ada beberapa yang dibuat tanpa lubang dan bahkan dibuat dengan berbagai bentuk seperti jantung, intrik, dan sebagainya.

Siapa yang tidak kenal donat? Makanan yang berbentuk bulat bolong yang disajikan dengan di goreng ini sangat populer di dunia. Bahkan, banyak gerai donat mendominasi peluang bisnis kuliner dengamemanfaatkannya. Hingga saat ini belum diketahui Negara mana yang pertama kali mempublikasikan kue donat.

Namun, sejarah mencatat bahwa asal mula pembuatan donat modern yang kita konsumsi sering dimulai dengan penciptaan perusahaan Belanda yang suka membuat kue di pertengahan abad ke-19. Kue Belanda dikenal sebagai “olykoeks”. Kue itu bulat dan biasanya digoreng dengan lemak hewani sampai berwarna kuning keemasan. Karena bagian tengah kue sulit untuk matang, biasanya ditambahkan bahan isian berupa buah atau kacang. Lalu, beberapa imigran Belanda yang tinggal di Amerika Serikat terus membuat olykoeks yang komposisi dan rasanya dipengaruhi oleh budaya Amerika.

Ada dua cerita populer di balik asal usul mengapa ada lubang di tengah kue donat. Versi cerita pertama menjelaskan bahwa seorang kapten kapal AS bernama Hansen Gregory di cuti rumah tanpa sengaja berlatih bagaimana membuat donat dengan menusuknya di tengahnya.

Hal ini bertujuan agar minyak panas yang digunakan saat melewati penggorengan bisa mencapai seluruh permukaan ring, hasilnya adalah donat pada permukaan kedua sisi menjadi lebih kering dan dalam bisa dimasak dengan sempurna.

Sementara cerita kedua menjelaskan bahwa ada seorang kapten kapal pesiar Amerika Serikat bernama Hansen Gregory merasa kesulitan untuk mengarahkan kapal ke dalam badai sambil menyiapkan sarapan sederhana dengan mentega roti panggang segar dipolesnya dikannya saat berkendara.Untuk alas an kepraktisan, Hansen kemudian menancapkan kue itu ke salah satu ujung pegangan kemudi sehingga ia bisa lebih fokus saat berkendara. Ide brilian ini mengilhami Hansen agar para koki memasak roti goreng dengan lubang di tengahnya.

Apapun ceritanya di balik penemuan pembuatan donat unik, sekarang Anda harus tahu banyak variasi donat yang memiliki cita rasa lezat dan lezat.

Dengan berkembangnya kue basah kuliner ala Negeri Belanda, berbagai resep donat di mancanegara juga mengalami variasi yang berbeda sejak pertama kali Anda mengenal donat di Belanda, makanan ringan yang satu ini semakin mudah dilakukan dengan berbagai hiasan pada itu, dan Anda mulai kreatif di rumah.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia