roti

SEPERTI APA SIH SEJARAH PENEMUAN ROTI?

Kalian tentu menyukai makanan yang satu ini , Dengan teksturnya yang empuk dan juga enak roti sangat digemari oleh kalangan anak-anak sampai kalangan orang dewasa . Tapi , apakah anda tau sejarah penemuan roti yang sering anda nikmati sekarang? Berikut sejarah penemuan roti.

Roti sudah ditemukan pada zaman dahulu kala. Tepatnya pada zaman Neolitik, yaitu pada akhir zaman batu. Bangsa mesir kuno dikenal sebagai “bangsa pemakan roti” dan juga pembuat roti beragi. Adonan roti yang pertama kali dibuat awalnya berasal dari ketidaksengajaan pembuatan roti yang berasal dari gandum yang tercampur air sehingga seperti bubur. Kemudian dibakar dan jadilah roti pertama kali yang dibuat manusia purba saat itu. Roti yang mirip dengan roti purba saat ini yang masih dibuat adalah roti chapati dari Asia selatan dan roti tortilla yang dibuat dari tepung,garam, dan air dan berbentuk datar dan tipis.

sejarah

Penemu roti pertama kali adalah pada tahun 2600 SM saat seorang budak berdarah Mesir yang secara tidak sengaja ingin membuat kue yang terbuat dari adonan tepung gandum dengan air dengan maksud sebagai sarapan pagi. Karena api ditungku padam, adonan yang ada dibiarkan tersimpan diruangan yang hangat selama semalaman . Wah, ternyata keesokanharinya, ketika adonan itu dipanggang , jadilah roti yang empuk dan gurih.

 

Selanjutnya bahan pemuatan roti salah satunya adalah ragi , Ragi ditemukan setelah penemuan roti. Ahli arkeologi menemukan sisa sel ragi pada bongkahan roti yang berasal dari tahun 3500 SM. Roti yang disebut “roti matahari”. Adonan roti matahari dijemur dibawah sinar matahari agar mengembang. Setelah itu, roti dibakar hingga matang. Bagian luarnya keras dang garing dan bagian dalamnya lembut untuk dimakan.

Sehingga tidak heran pada masa itu roti sangat digemari oleh orang banyak . Dan pada sekitar 100 tahun SM, penduduk romawi yang sangat menyukai roti sehingga dijadikan makan utama mereka memiliki 260 pembuat roti handal. Mereka mengembengkan aneka rasa roti yang lezat ke semua daerah yang ditaklukkannya untuk dijual.

 

Dan hebatnya lagi, bangsa romawi juga membuat sekolah pembuat roti yang dibangun oleh Kaisar Trajan pada tahun 98-117 M. Roti juga banyak digemari oleh kalangan istana, salah satunya adalah seorang ratu prancis, Marie antoinette (1755-1793) yang menyukai roti Croissant yang dibuat pertama kali di Budapest pada tahun 1686.

 

Dan pada zaman kini , Roti yang ditemukan sudah sangat banyak. Dan mulai berevolusi sebut saja Hamburger yang diperkenalkan dikota Hamburg, Jerman, sehingga disebut nama hamburg. Dan saat diperkenalkan di Amerika namanya berubah menjadi Hamburger yang dimakan dengan cara menyelipkan irirsan daging dan sayuran ke dalam roti kemudian diperkenalkan oleh orang Amerika Serikat.

roti

Selain Hamburger, ada juga roti yang diciptakan oleh seorang penjudi bernama Montagu Earl of Sandwich di inggris. Sekitar 240 tahun silam berawal dari kegemarannya bermain judi. Bahkan ia sampai lupa makan pagi, siang , dan malam. Sehingga ia menyuruh pelayannya membuat daging dan sayuran dilapisi dua helai roti sebagai makanan cepat saji. Sejak saat itulah makanan yang dilapisi dua helai roti itu disebut sandwich.

 

Ada juga roti buaya yang asli indonesia yang biasa digunakan untuk acara pernikahan oleh orang betawi di jakarta sebagai hantaran bagi calon pengantin. Dan saat ini juga ada alat pemotong roti yang pertama kali diciptakan Otto Frederick Rohwedder yang menggembangkan penelitian untuk membuat alat pemotong roti tawar otomatis sejak tahun 1912. Otto memerlukan waktu yang lama hingga usahanya berhasil. Pada tahun 1928, ia berhasil menciptakan mesin yang dapat mengiris roti sekaligus membungkusnya.

sejarah roti

Dan inilah sejarah penemuan roti dari zaman purba sampai zaman kini . Roti memiliki nilai gizi yang tinggi yang merupakan sumber protein, vitamin, dan karbohidrat yang baik.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill