artikel-3-inspirasi-baking-6-kesalahan-umum-yang-biasa-lakukan-ketika-membuat-brownies

Sering Gagal Membuat Brownies? Ketahui 6 Kesalahan Ini!

Siapa yang tidak menyukai brownies? Brownies adalah salah satu jenis hidangan penutup dan makanan ringan yang banyak disukai oleh banyak orang. Karena brownies kaya akan rasa cokelat, manis, bertekstur lembut dan mengenyangkan. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata dalam pembuatan kue brownies harus memperhatikan hal-hal kecil agar rasa brownies sesuai dengan keinginan dan tidak mengecawakan. Dalam membuat brownies memang tidaklah mudah, dan berikut adalah 6 kesalahan yang biasa dilakukan ketika membuat brownies:

  1. Menggunakan resep yang salah

Pada umumnya ada dua jenis brownies, yaitu yang bertekstur padat dan ringan seperti kue. Sebaiknya Anda cermat dalam memilih resep untuk brownies Anda. Terkadang, jika seseorang menginginkan brownies sebagai kue, namun ia menggunakan resep brownies yang bertekstur padat. Mungkin ia akan beranggapan gagal dalam pembuatan brownies. Untuk menghindari kesalahpahaman ini, jangan sampai tertukar dalam menggunakan resep dari kedua jenis brownies tersebut.

  1. Salah memilih jenis cokelat

Cokelat merupakah bahan utama yang digunakan dalam pembuatan brownies. Jenis cokelat yang biasa digunakan untuk membuat brownies adalah Dark Cooking Chocolate (DCC) dan cokelat bubuk. Rasa cokelat DC cenderung pahit dan biasanya dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue dimana sebelumnya diparut terlebih dahulu atau dilelehkan dan dicetak kembali dengan bentuk yang unik. Sedangkan cokelat bubuk memiliki rasa manis dan aroma yang kuat. Biasanya cokelat bubuk digunakan untuk diminum bersama dengan susu serta ditambahkan sedikit gula.

Sebagian besar orang lebih memilih menggunakan cokelat bubuk dibandingkan cokelat DCC dalam membuat kue. Karena dari segi rasa, cokelat DCC lebih unggul dibandingkan cokelat bubuk. Selain itu, cokelat DCC memiliki warna yang lebih gelap dan pekat karena kadar cokelatnya yang tinggi sehingga rasanya juga enak.

  1. Pelelehan cokelat dan penambahan telur yang salah

Dalam membuat brownies, cokelat terlebih dahulu dilelehkan dalam takaran yang pas. Jika cokelat baru dikeluarkan dari lemari es, sebaiknya Anda mendiamkannya selama beberapa menit hingga suhu cokelat mencapai suhu ruangan. Lakukan hal yang sama pada bahan lain seperti mentega dan telur. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah penambahan telur ke adonan cokelat yang telah dilelehkan dan masih panas. Akibatnya, telur akan menjadi matang dan cokelat menjadi hangus ketika dipanggang nanti.

  1. Penambahan varian rasa yang berlebihan

Brownies tidak selalu memiliki rasa yang dominan cokelat, tetapi bisa dikombinasikan dengan rasa-rasa lain seperti krim keju, kacang-kacangan, strawberry, rasberry, dan jenis rasa yang lainnya. Tetapi penambahan varian rasa tersebut dapat menutupi rasa cokelat brownies jika dilakukan secara berlebihan.

  1. Menggunakan wadah yang salah

Selain memilih bahan dan resep yang tepat, Anda juga harus cermat dalam memilih wadah. Jika wadah yang digunakan terlalu besar, ketika dikeluarkan dari microwave, brownies akan menjadi terlalu matang dan tipis. Sedangkan wadah yang terlalu kecil akan membuat brownies Anda tebal dan tidak matang secara menyeluruh.

  1. Memasaknya terlalu lama atau sebentar

Pembuatan brownies memang tidak bisa dikatakan mudah karena adonannya tidak boleh dimasak terlalu lama atau sebentar. Jika brownies terlalu cepat dikeluarkan dari microwave, hasilnya brownies tidak matang sempurna. Agar brownies Anda bisa masak sempurna, gunakan pinggan transparan sehingga Anda dapat selalu memperhatikan brownies yang Anda buat.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia