nganten

Tahukah Anda Tentang Filosofi Kue Pengantin?

 

Anda sering bukan menghadiri acara pernikahan dan melihat kue pengantin di tengah maupun di sudut ruangan? Mungkin Anda bertanya-tanya apa sebenarnya filosofi dari kue pengantin ini. Ternyata tanpa kita sadari selain mempercantik ruangan pernikahan Anda, keberadaan kue pengantin ini juga memiliki makna penting. Banyak negara yang juga mempunyai pendapat bahwa kue pengantin ini sangat bermakna saat ada pernikahan. Berikut ini adalah beberapa filosofi kue pengantin yang berasal dari berbagai belahan dunia.

ngantenn

Kue pengantin yang bertingkat-tingat dengan aneka warna dan hiasan selalu mampu mencuri perhatian, namun apakah Anda mengetahui makna yang dimilikinya?. Di bawah ini kami sudah merangkum informasi seputar filosofi kue pengantin yang berasal dari beberapa negara. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda,

 

  1. Saksi Adanya Jalinan Cinta Antar Mempelai

Seringkali Anda berpikir bahwa kue pengantin ini hanya digunakan sebagi penghias ruangan karena bentuknya yang megah dan juga warnanya yang indah. Namun kue pengantin ini menjadi saksi jalinan kasih antar dua insan yang saling memiliki. Saat kedua mempelai pengantin memotong kue secara bersamaan mengandung makna kesiapan kedua mempelai untuk bekerja sama mengarungi bahtera rumah tangga.

 

  1. Pengambaran Dari Kedua Mempelai

Kue pengantin yang biasanya ada disebuah pesta pernikahan memang selalu sukses mencuri perhatian tamu undangan. Namun siapa sangka jika kue pengantin ini memiliki makna yang menggambarkan kedua mempelai ini. Secara sederhananya saja jika kue pengantin berbentuk hati maka ini merupakan gambaran pasangan pengantin yang saling mencintai akhirnya dipersatukan.

 

  1. Pengharapan Dari Adanya Pernikahan Antar Mempelai

Di beberapa daerah di Eropa kue pengantin ini dipercaya menjadi suatu simbol pengaharapan mempelai pengantin dan juga keluarga yang menyimbolkan kesuburan. Dari simbol kesuburan ini di harapkan akan adanya keturunan yang baik dan di harapkan oleh pasangan pengantin ini.

 nganten

  1. Kue Pengantin Unik Dari Berbagai Negara

Berbeda dengan yang ada di Amerika yang didominasi dengan kue pernikahan yang megah dan juga bertingkat-tingkat. Berikut ada beberapa negara yang memiliki kue pengantin tersendiri yang sangat unik,

  • Kacang kola di Nigeria, kacang kola ini sering digunakan untuk suatu pengobatan dengan kandungan kafeinnya yang tinggi mampu menimbulkan rasa kenyang dan meningkatkan energi. Kacang kola menjadi simbol penyatuan perbedaan antara mempelai pengantin.
  • Bes Cazados di Brazil, kue ini terbuat dari dua buah sponge cake yang direkatkan menggunakan caramel manis. Kue ini akan dihias menggunakan pita yang indah sebelum nantinya diserahkan pada para tamu undangan.
  • Almond Yordania di Yunani, permen almond yang dilapisi gula ini ada dalam pernikahan engantin Yunani. Anda akan merasakan sedikit pahit pada kacang dan manis karena adanya gula. Permen almond ini melambangkan pahit manisnya hubungan rumah tangga.
  • Kazunoko di Jepang, masyarakat Jepang menyajikan ikan herring atau kazunoko ini saat terdapat acara pernikahan. Kazunoko sendiri merupakan lambang kesejahteraan sehingga diharapkan pernikahan yang berlangsung akan dilimpahi kesejahteraan dalam dunia rumah tangga nantinya.
  • Rice Bowl Soup di Cina, soup yang disajikan dalam pernikahan pengantin di Cina ini memiliki rasa yang manis sebagai pengharapan jika rumah tangga mempelai nantinya akan manis dan bahagia.

Bagaimana sudah mengetahui filosofi kue pengantin yang berasal dari berbagai belahan dunia ini bukan?. Kue pengantin memang selalu menjadi pusat perhatian selalin mempelai itu sendiri. Semoga informasi yang kami rangkum dan sajikan untuk Anda mampu menambah ilmu Anda tentang dunia kuliner kue-kuean.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill