teknik dasar membuat kue

Teknik Dasar Membuat Kue Agar Tidak Gagal

Dalam dunia bakery terdapat berbagai macam jenis kue. Terdapat banyak jenis kue yang teknik dan metode pembuatannya berbeda. Ada kue yang bertekstur kasar, lembut, crunchy, dan lain-lain. Selain perbedaan pada bahan baku, teknik dasar dan metode yang digunakan pun juga berbeda.

Ada beberapa teknik dan metode khusus yang dapat dilakukan jika ingin mendapatkan hasil kue yang maksimal. Teknik dasar membuat kue ini akan membantu Fans Baking agar tidak gagal. Meskipun mengetahui bahannya dengan benar namun tidak mengetahui teknik dasar membuat kue dengan benar, sama saja kue tidak dapat matang dengan maksimal.

Teknik Dasar Membuat Kue

  1. Teknik Butter Cake

Teknik dasar membuat kue yang pertama yaitu teknik butter cake. Teknik butter cake digunakan pada saat membuat butter cake atau pound cake. Nah untuk mendapatkan hasil butter cake yang maksimal, ada teknik dasar membuat kue tertentu yang harus dilakukan. Apa itu?

Yang pertama, kocok margarin bersama dengan gula hingga mengembang dan pucat. Kemudian masukkan telur satu per satu sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Selanjutnya, untuk tepung dimasukkan sedikit demi sedikit dan diaduk hingga rata. Pengocokan jangan dilakukan terlalu lama karena bisa menyebabkan hasil kue menjadi mengaret (banyak remahnya).

  1. Teknik Butter dan Sponge Cake

Teknik gabungan ini biasanya digunakan untuk membuat bolu gulung. Pada teknik ini, margarin dan gula dikocok hingga gula hancur. Diwadah yang terpisah kocok gula dan telur hingga mengembang. Masukkan tepung ke dalam campuran margarin dan gula. Setelah itu masukkan kocokan telur ke adonan hingga tercampur rata.

Teknik kombinasi ini digunakan untuk membuat bolu gulung yang lentur dengan tujuan pada saat digulung bolu tidak patah.

Baca juga : Resep Black Charcoal Roll Cake Lembut Dimulut

  1. Teknik Sponge Cake

Teknik sponge cake digunakan untuk membuat sponge cake yang memiliki ciri kue berpori. Teknik dasar membuat kue sponge yang pertama, telur dikocok hingga mengembang yang disusul dengan memasukkan gula sedikit demi sedikit. Kemudian masukkan tepung, baking powder, vanili bubuk dan bahan lainnya yang berbentuk bubuk dengan cara diayak dan aduk dengan spatula. Selanjutnya masukkan bahan-bahan cair seperti margarin, susu kental manis, lelehan coklat, dan lainnya.

  1. Teknik Chiffon Cake

Teknik chiffon cake digunakan untuk menghasilkan kue dengan tekstur halus dan lembut. Pada teknik ini, kuning telur dikocok bersama bahan-bahan lainnya. Sedangkan putih telur dikocok bersama sedikit gula pasir hingga kaku. Kemudian keduanya digabungkan menjadi satu. Untuk membuat chiffon cake gunakan minyak sayur bukan margarin/mentega.

Apa si perbedaan antara margarin dan mentega. Baca Ini Perbedaan Margarin VS Mentega.

Nah itulah 4 teknik dasar membuat kue agar tidak gagal. Selain metode di atas, bahan yang digunakan pun juga harus sesuai.

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill