Ini Loh Bahaya Makan Sambil Tiduran

Ternyata Ini Loh Bahaya Makan Sambil Tiduran

Makan sambil berbaring sambil nonton TV setelah bosan bekerja rasanya tak ada yang bisa mengalahkan rasa nyaman makan sambil leyeh-leyeh atau tiduran. Investigasi sebuah usut, kebiasaan makan saat tidur bukan hanya dilakukan oleh kalangan milenial saja tetapi juga sudah jad kebiasaan berabad-abad yang lalu.

Makan saat tidur sudah dilakukan oleh bangsawan Romawi kuno sebagai tanda kekuatan dan kemewahan. Mereka makan sambil berbaring selama pesta politik atau simposium. Mungkin karena bangsawan ini tidak tahu, kalau ternyata makan saat atau sambil tidur itu berbahaya bagi kesehatan?

Makan sambil tiduran membuat asam lambung jadi naik

Makan di posisi tidur adalah faktor risiko untuk refluks asam lambung (GERD). Asam surutnya adalah suatu kondisi gangguan pencernaan yang bisa menyebabkan rasa asam di mulut dan sensasi terbakar di dada. Bila Anda makan dalam posisi tidur, gaya gravitasi akan melonggarkan katup, menyebabkan asam makanan yang tidak tercerna kembali ke perut di kerongkongan. Asam lambung dapat mengikis lapisan dinding kerongkongan dan menyebabkan kerusakan esofagus, yang dapat menyebabkan rasa sakit atau kesulitan menelan.

Makan saat Anda tidur membuat perut Anda Begah

Makan saat tidur memperlambat pergerakan makanan ke perut setelah menelan sehingga seiring waktu menumpuk, yang pada akhirnya memperlambat kerja sistem pencernaan. Stres yang diterima oleh sistem pencernaan membuat dinding perut kaku, yang meningkatkan tekanan pada perut bagian bawah. Akibatnya, tekanan luar biasa ini mendorong makanan ke atas untuk mendorong katup katup lambung, sehingga memungkinkan lebih banyak kebocoran jumlah sampel makanan yang seharusnya diterima usus.

Makan di posisi berbaring termasuk kebiasaan makan yang buruk

Saat Anda makan sambil tidur dan sibuk dengan aktivitas lain, seperti nonton TV, Anda tidak bisa mengukur jumlah kalori yang Anda makan. Anda makan sambil tidur, Anda tidak bisa hanya menggulung atau mencekik diri sendiri, tapi juga menurunkan berat badan. Hal ini menyebabkan Anda makan berlebih pada batas yang tidak memuaskan. Makan dalam porsi besar sekaligus merupakan diet buruk yang harus Anda hindari.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia