PicsArt_05-29-02.45.04

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Bulan Ramadhan bulan penuh berkah bagi kita untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Pintu neraka akan ditutup dan pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya. Dan para malaikat akan turun ke bumi dan beristigfar setiap harinya bagi umat muslim yang melaksanakan puasa. Mari kita sambut bulan ramadhan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Kita jadikan bulan ramadhan ini untuk menambah pahala guna bekal kita di akhirat kelak.

Tapi lain lagi dengan orang yang menderita maag. Bagi penderitanya, telat makan dan perut kosong merupakan penyebabnya. Penderita maag akan mengalami nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi.

Sakit maag sendiri dibagi menjadi 2, yaitu maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional ini terjadi akibat tidak makan dengan teratur, sering meminum minuman bersoda dan kopi. Sedangkan maag organik terjadi karena aktivitas yang tidak normal terjadi di lambung seperti tukak lambung dan tukak usus duabelasjari.

Dari anjuran dokter, penderita maag malah lebih baik jika berpuasa. Namun hal itu hanya dianjurkan jika maag yang diderita sebatas gangguan fungsional saja. Gangguan fungsional yang dimaksud biasanya terkait dengan ketidakteraturan waktu makan atau konsumsi makanan yang pedas atau berlemak sepanjang hari. Dengan berpuasa, maka jadwal makan lebih teratur selama dua kali pada saat sahur dan berbuka puasa. Karena itu penderita sakit maag fungsional dapat berkurang sakit maag yang dideritanya dengan berpuasa.

Kalian memiliki riwayat penyakit maag tapi tetap ingin berpuasa? Disini ada beberapa tips bagi kalian penderita maag. Tips berpuasa untuk penderita maag:

  1. Tetap melaksanakan sahur dan buka puasa. Pada saat sahur lebih baik mengonsumsi makanan yang lama untuk dicerna.
  2. Konsumsi buah kurma saat sahur dan berbuka.
  3. Tetap minum obat bagi yang berpenyakit kronis.
  4. Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Kalian bisa mengonsumsi buah pisang pada saat berbuka sebagai makanan pembuka.
  5. Utamakan mengonsumsi makanan yang direbus daripada yang digoreng.
  6. Hindari minum es saat berbuka. Perbanyak minum air waktu buka sampai sahur.
  7. Jumlah tidur yang cukup, tidak berlebihan.

Itu beberapa tips jalani puasa bagi penderita maag. Semoga kita dapat menjalankan puasa dengan lancar tanpa gangguan. Sekian artikel ini, Semoga bermanfaat. 🙂


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia