Artikel 8 Inspirasi Baking - Tips dan Teknik Pengukuran dalam Baking

Tips dan Teknik Pengukuran dalam Baking

Pengukuran yang akurat dalam baking adalah tentang perbedaan berat, tingkat kekeringan atau basah kue, dan tekstur kepadatan kue. Agar dapat mengukur dengan benar, Anda membutuhkan 2 jenis alat ukur untuk bahan makanan yang bersifat kering dan basah. Ada banyak sekali peralatan untuk mengukur bahan kering dan basah, yaitu sendok ukur, gelas ukur, timbangan dapur digital, scoops, dan mixing bowls.

Berikut ini adalah tehnik pengukuran menggunakan alat ukur yang disesuaikan dengan jenis bahan makanan untuk membuat kue:

Pengukuran untuk Bahan yang Padat dan Kering

Pada umumnya, mengukur bahan kue jenis ini sering menggunakan acuan tepi dari gelas ukur atau sendok ukur.

  • Tepung, Gula, Baking Soda, Baking Powder, dan Kokoa

Tambahkan sedikit bahan-bahan kering hingga sedikit menimbun bagian tepi gelas ukur atau sendok ukur. Jangan menggoyangkan gelas ukur atau sendok ukur tersebut ataupun menekannya. Gunakan bagian belakang pisau atau benda lain yang panjang dan lurus untuk meratakan permukaan bahan kering ini.

  • Oats, Sereal, Remahan Roti, Parutan Keju, Parutan Kelapa, dan Tepung Jagung

Tambahkan bahan-bahan jenis ini ke dalam gelas ukur hingga penuh. Ketika sudah penuh, gunakan jari Anda untuk menekan bahan tersebut hingga bagian permukaan setara dengan tepian gelas ukur.

  • Gula merah dan jenis bahan padat lainnya

Untuk bahan jenis ini, gunakan sendok untuk memindahkannya ke dalam sendok ukur yang berukuran besar. Kemudian tekan secara perlahan menggunakan sendok tersebut dan pastikan tidak ada ruang udara di dalamnya. Ketika bahan ini dikeluarkan dari sendok ukur, bentuknya akan tercetak seperti bentuk sendok ukur dan menjadi padat.

  • Mentega dan margarin

Untuk mentega dan margarin, Anda hanya perlu memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan. Satu batang mentega dan margarin biasanya setara dengan 4 sendok ukur besar atau ½ gelas ukur, untuk 1 sendok makan berarti sama dengan 1/8 dari panjang batang mentega dan margarin, dan 1 sednok ini setara dengan 3 sendok teh.

Pengukuran untuk Bahan yang Cair

Untuk mengukur jenis bahan kue yang berbentuk cair, sebaiknya Anda menggunakan alat ukur yang transparan seperti gelas ukur. Tuangkan bahan cair tersebut hingga memenuhi takaran yang Anda inginkan. Atau jika Anda menggunakan sendok ukur, pastikan bagian permukaan bahan cair tersebut tidak kurang atau lebih dari tepian sendok.

Ketika mengukur bahan-bahan yang lengket dan kental, seperti madu, sirup, minyak sayur, jelly, dan benda cair lainnya, lapisi bagian dalam gelas ukur dengan menyemprotnya dengan sedikit minyak agar ketika dikeluarkan, bahan-bahan tersebut tidak menempel pada bagian dingin gelas ukur.

Tips Pengukuran

  • Jangan melakukan pengukuran di atas mangkuk yang sudah terisi campuran bahan-bahan lain. Untuk mencegah jika Anda tidak sengaja menumpahkannya ke dalam.
  • Jika Anda tidak memiliki alat ukur seperti gelas ukur atau sendok ukur, Anda bisa menggunakan acuan wadah makanan lain secara bergantian. Dahulukan bahan-bahan yang bersifat kering, kemudian bersihkan dan gunakan untuk mengukur bahan yang cair.
  • Simpan bahan-bahan yang kering di dalam wadah dengan penutup yang rapat. Jangan sampai Anda menumpahkannya keluar ketika sedang memindahkannya ke alat ukur.
  • Untuk mengetahui bahan mana yang sudah Anda campur ke dalam adonan, letakkan semua bahan untuk membuat kue dengan wadah yang terpisah. Setiap Anda selesai melakukan pengukuran, pindahkan wadahnya ke sisi yang berlawanan.
  • Jangan sampai keliru menggunakan satuan ukur. Misal, untuk satuan ons dalam mengukur bahan kering atau padat dan bahan cair adalah berbeda. Satuan ons untuk bahan kering atau padat menyatakan berat, sedangkan untuk bahan cair menyatakan volume.

Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia