ea4d26060818177ccc1d0b015307e4da_imresized

Tips Jitu Membersihkan dan Merawat Alat Dapurmu

Usai memasak, kini saatnya kita untuk membersihkan alat memasak kita. Bersihkan alat masak kita sebersih mungkin agar terbebas dari kuman dan penyakit, dan yang pasti agar tetap awet. Ini beberapa tips jitu untuk membersihkan dan merawat alat memasak agar tetap awet.

1. Panci

6

Cara membersihkan dan merawat panci pada dasarnya sangat mudah, dimana ketika sudah dipakai anda harus langsung mencucinya sampai bersih. Ketika memasak dengan menggunakan panci, akan lebih baiknya jika anda menggunakan api sedang agar panci tidak gosong atau berkerak. Namun, jika anda mendapati panci dalam keadaan gosong atau berkerak, maka anda bisa membersihkannya dengan cara: Siapkan baking soda dan air secukupnya, lalu campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Setelah itu, oleskan campuran ini secara merata pada panci yang gosong maupun berkerak. Diamkan beberapa menit, baru setelah itu anda bisa langsung mencucinya sampai bersih.

2. Wajan atau pan

7

Jika wajan yang akan anda gunakan untuk memasak masih dalam keadaan baru, maka anda bisa mengoleskan minyak goreng pada bagian bawahnya agar wajan tidak mudah berkerak serta warna aslinya terlindungi. Hindari merendam wajan atau pan setelah digunakan, akan lebih baik jika anda langsung mencucinya sampai benar-benar bersih. Jika wajan digunakan untuk memasak bahan makanan atau bumbu yang pekat dan amis, maka anda bisa menyiramnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Jika sudah bersih, lap wajan tersebut dan simpan di tempat yang tergantung.

3. Kompor gas

8

Setelah digunakan untuk memasak, maka anda harus langsung membersihkan kompor, terlebih lagi untuk sisa minyak yang menempel serta remah-remah  makanan yang ada pada lubang api. Sedangkan untuk sisa atau bekas cipratan minyak, anda bisa menaburkan tepug, lalu setelah itu menglapnya sampai benar-benar bersih.

4. Pisau

Jika anda ingin pisau tetap awet dan terus tajam, maka setelah digunakan segeralah cuci hingga bersih. Lalu setelah itu, lap dengan menggunakan tissue atau handuk sampai benar-benar kering. Letakan kembali pisau yang sudah digunakan pada tempat khusus untuk menyimpannya.

9

5. Talenan

Setelah talenan digunakan untuk alas memotong daging, ayam atau ikan, maka segera mungkin oleskan jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa lemak yang menempel. Setelah itu, anda bisa langsung menyiram talenan dengan menggunakan air panas. Baru anda bisa mencucinya seperti biasa sampai benar-benar bersih. Kemudian, simpan di tempat yang kering.

6. Mixer atau blender

10

Jika anda sudah menggunakan mixer atau blender seperti gelas atau wadah, sendok pemutar serta bagian-bagian lainnya, maka anda bisa langsung mencucinya sampai bersih. Sedangkan untuk blender atau mixernya anda cukup menglapnya dengan menggunakan tissue basah atau lap basah sampai bersih. Kemudian, keringkan dengan menggunakan lap kering.

7. Alat makan dari plastik

11

Alat makan yang terbuat dari bahan plastik akan membuat kotoran dan bau menempel erat serta susah untuk dibersihkan. Setelah digunakan, akan lebih baiknya jika anda merendam  dengan air yang sudah dicampur baking soda selama kurang lebih 10 menit. Baru setelah itu, anda bisa langsug mencucinya sampai bersih dengan menggunakan sabun. Sebelum disimpan, anda bisa menglapnya sampai kering.

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia