Artikel 10 Inspirasi Baking - Tips Membuat Homemade Crackers

Tips Membuat Homemade Crackers

Homemade crackers, sepertinya sulit membuatnya dan membutuhkan mesin atau keahlian khusus. Bagi beberapa orang, crackers mungkin akan lebih mudah didapat di supermarket atau toko. Kecuali bagi seseorang yang sudah terbiasa membuat snack sendiri di rumah (homemade). Dalam cara pembuatan crackers sebenarnya sangat sederhana dan mudah. Bagi baker pemula, crackers dapat menjadi awal permulaan untuk memulai belajar baking, karena mudah dibuat, cepat, dan kemungkinan gagal sangat kecil. Bahkan bagi mereka yang menyukai menyemil biskuit, kerenyahan dan kelezatan crackers adalah yang terbaik.

Mungkin yang membutuhkan kehati-hatian adalah ketika adonan digulung menggunakan rolling pin hingga tipis untuk mendapatkan kerenyahannya. Tetapi bukan berarti ketipisan adonan haruslah sempurna agar cracker menjadi renyah dan lezat ketika dinikmati. Jika crackers Anda terlalu tebal, akan tetap terasa enak tetapi tidak memiliki kerenyahan.

Beberapa resep crackers menyarankan adonan terlebih dahulu disimpan di dalam kulkas sebentar sebelum digulung, tetapi ada juga resep yang menyarankan Anda segera memanggangnya. Setiap resep memiliki caranya masing-masing. Bagian terbaik dalam membuat homemade crackers adalah proses penyesuaiannya. Ada resep dengan hasil crackers tanpa penambahan rasa dan ada resep crackers yang menyarankan penambahan bahan seperti taburan herbal, keju, biji-bijian, bumbu, dan bahan lainnya.

Apapun jenis homemade crackers, Anda harus mengikuti langkah-langkah pembuatannya: mencampur semua bahan adonan Anda, didinginkan (jika perlu, ketika Anda menginginkan adonan yang lebih lembut), dan kemudian digulung setipis mungkin, dipotong berdasarkan bentuk yang Anda inginkan, tusuk adonan menggunakan garpu, dan akhirnya, masukkan ke dalam oven untuk dipanggang. Dalam pembuatannya, ada beberapa tips, yaitu:

Tips Homemade Crackers #1: Beri Bentuk!

Setelah memotong adonan Anda dengan bentuk yang sesuai keinginan, angkat potongan-potongan yang tidak diinginkan, dan singkirkan, untuk disatukan kembali dan digulung untuk mendapatkan bentuk potongan yang Anda inginkan. Perhatikan bagian tepi potongan, jika terlalu tipis maka akan mudah hangus.

Meskipun bentuk crackers yang sederhana tidak menjadi masalah, tetapi untuk membuat bentuk yang sedikit kacau dan bagian pinggir yang sedikit terbakar adalah terlalu mudah dilakukan. Anda bisa membuatnya sedikit kreatif, bentuklah adonan crackers Anda sesuai dengan imaginasi Anda dan pastikan setiap potongan memiliki bentuk yang sama.

Tips Homemade Crackers #2: Pemisahan Potongan Adonan

Agar Anda mendapatkan kerenyahan pada bagian tepi crackers, pisahkan potongan-potongan crakers Anda sebelum memanggangnya. Terkadang ada juga yang memisahkannya setelah matang dan dingin. Tetapi Anda perlu mencobanya untuk merasakan kerenyahan yang berbeda.

Tips Homemade Crackers #3: Dinginkan Crackers

Jika Anda memanggang crackers dengan lingkungan dapur yang lembab (karena cuaca dan faktor lain), maka sebaiknya Anda mendinginkan crackers yang sudah matang dengan mematikan oven Anda dan membiarkan pintunya terbuka. Hal ini untuk membuat crackers Anda lebih renyah.

Tips Homemade Crackers #4: Penyimpanan Crackers

Untuk menyimpan crackers Anda, dinginkan kemudian tempatkan pada wadah yang kedap udara. Hal ini untuk mempertahankan kerenyahan crackers Anda.

Tips Homemade Crackers #5: Ketipisan Crackers

Semakin tipis adonan, semakin renyah crackers Anda. Jika adonan Anda terlalu tebal, Anda akan berakhir dengan crackers yang lebih lembut menyerupai roti dibandingkan crackers yang sebenarnya. Seharusnya ketebalan adonan menjadi fokus utama Anda. Gulung adonan Anda di atas selembar kertas makanan yang sudah diberi taburan tepung agar adonan tidak lengket pada rolling pin Anda. Kecuali jika Anda memiliki alat penggulung pasta, Anda dapat memperoleh ketipisan dengan mudah.

Tips Homemade Crackers #6: Gunakan Kertas Makanan

Gunakan kertas makanan untuk memudahkan Anda dalam memindahkan potongan-potongan adonan crackers. Lapisi loyang Anda dengan kertas makanan terlebih dahulu sebelum memanggang adonan crackers.

Tips Homemade Crackers #7: Ruang Uap

Pernah Anda bertanya-tanya kenapa crackers diberi lubang dengan menggunakan garpu terlebih dahulu sebelum memanggangnya? Menusuk adonan dengan garpu memiliki tujuan agar uap dapat keluar, sehingga adonan dapat terisi udara dan mengembang. Jangan pernah Anda lewatkan langkah ini!

Tips Homemade Crackers #8: Snack yang Menyehatkan

Crackers tergolong snack yang dapat dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Anda dapat menambahkan tepung terigu, setengah dari jumlah tepung yang Anda butuhkan dalam resep crackers Anda. Anda akan mendapatkan snack crackers yang lebih bernutrisi dan kaya akan rasa.

Apakah Anda sudah siap untuk membuat crackers? Mulailah dari resep crackers yang paling mudah dan Selamat Mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia