Bahan Kue

Tips Memilih Bahan Kue

Membuat kue baik kue basah ataupun kue kering memerlukan persiapan yang matang. Peralatan harus tersedia lengkap dan juga bahan-bahannya. Memilih bahan-bahan ini yang harus lebih berhati-hati, sepintar apapun Anda membuat kue, jika salah memilih bahan maka kue Anda tidak akan jadi dengan sempurna. Untuk menghindari kegagalan dalam membuat kue dikarenakan oleh kesalahan memilih bahan, berikut ini kami memberikan tips memilih bahan kue:

Tepung
Sebagai bahan dasar membuat kue, tepung yang dipilih biasanya berprotein rendah atau tepung serba guna. Selain tepung terigu, kita bisa juga menggunakan tepung ararut, tepung kanji, tepung maizena, atau tepung hunkwe. Pilih tepung yang berwarna putih dan tidak tengik (apek), bertekstur lembut, dan terurai (tidak menggumpal).

Gula
Gula yang digunakan dalam membuat kue bisa gula pasir, gula palem, atau tepung gula. Selain bahan pemanis, gula dapat memberi warna pada kue. Gula yang digunakan dalam kue kering biasanya gula halus, karena gula halus mudah hancur, sebaiknya sebelum digunakan, gula diayak dulu.

Telur
Telur sebagai bahan baku membuat kue dapat juga bersifat mengembang dan memberi warna pada kue. Pilih telur yang sama besar baik bentuk, berat, ukuran, sehingga volume putih dan kuning telur seimbang.

Bahan tambahan
Seringkali dalam resep tertera adanya bahan tambahan makanan, seperti cake emulsifier, baking powder, dan soda kue yang berfungsi sebagai pengembang kue. Penggunaannya pun harus sesuai ukuran yang dianjurkan jika tidak ingin kue Anda gagal. Bahan tambahan lain yang sering digunakan dalam pembuatan kue adalah susu. Baik susu bubuk, susu cair, atau susu kental manis. Pemilihan susu tanpa lemak (susu skim) lebih disarankan karena jenis ini tidak memengaruhi rasa kue.

Lemak
Merupakan salah satu bahan pelengkap yang bersifat membantu proses emulsi, memperhalus pori-pori kue, dan memberi warna kuning alami. Lemak yang digunakan biasanya mentega dan margarin, atau dapat pula menggunakan areh santan. Pilih lemak yang masih harum, tekstur tidak terlalu padat atau cair

Nah, cukup itu dulu saja tips tentang memilih bahan kue, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia