buahkiwi

Tips Memilih Dan Menyimpan Buah Kiwi

Buah kiwi merupakan sejenis buah beri yang dapat dimakan dari tanaman merambat berkayu dalam genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Selain rasanya yang unik, buah kiwi memiliki beragam khasiat bagi manusia. Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi daripada daging. Dengan antioksidan yang terkandung, buah kiwi ini dapat mencegah penyakit-penyakit ganas seperti kanker, peradangan, alergen, serta melawan bakteri. Tidak hanya itu, ion potasium yang terkandung dalam buah kiwi dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Buah kiwi biasa digunakan sebagai hiasan cake. Selain sebagai hiasan, buah kiwi juga diolah menjadi jus yang segar. Salah satu cara terbaik untuk menikmati buah kiwi yaitu dengan membelahnya menjadi dua, dan bisa langsung dimakan menggunakan sendok. Jika kalian tidak bisa memilih buah kiwi dengan benar dan tepat, maka kalian akan dapat buah kiwi yang rasanya asam-asam kecut gituuu. Ga enak ya kan… Jika kalian ingin mendapatkan buah kiwi yang manis dan enak, ikuti cara di bawah ini ya. Dijamin kalian ga bakal nyesel!

Tips memilih dan menyimpan buah kiwi:

  1. Pilih buah kiwi yang terasa agak keras saat digenggam.
  2. Pilih buah kiwi yang kulitnya tidak terdapat cacat, kerutan, serta bintik-bintiknya.
  3. Pilih buah Kiwi yang lembut ketika ditekan, seperti buah persik matang atau buah alpukat.
  4. Untuk mengetahui buah kiwi sudah matang atau belum, tahan buah kiwi diantara ibu jari dan telunjuk. Berikan sedikit tekanan pada buah, jika mudah ditekan/berubah bentuk maka buah itu sudah matang. Jika ketika ditekan masih cukup keras, artinya buah kiwi tersebut belum siap dikonsumsi.
  5. Buah kiwi matang akan memiliki aroma harum, terlihat berisi, dan warnanya konsisten hijau – cokelat.
  6. Simpan buah kiwi pada suhu ruangan untuk memercepat kematangan.
  7. Rasanya akan lebih manis saat terasa lebih lunak.
  8. Buah kiwi yang sudah matang sebaiknya disimpan dalam kulkas. Hal ini untuk memerlambat proses kematangan lebih lanjut sehingga tidak menyebabkan kebusukan pada buah kiwi.

Itulah beberapa tips memilih dan menyimpan buah kiwi dengan benar. Berminat untuk mengonsumsinya?? Kan banyak khasiatnya. Semoga bermanfaat. 🙂


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia