tips menyimpan tepung

Tips Menyimpan Tepung

Tepung merupakan salah satu bahan dasar ketika Anda ingin membuat kue, terkadang Anda membeli tepung dalam jumlah yang banyak dengan tujuan untuk Stock, jadi ketika membutuhkan tepung tersebut sudah tersedia. Namun ada suatu permasalahan jika Anda ingin menyimpan tepung yaitu adanya kutu dan atau tepung berbau apek. Tidak jarang Anda harus membuang tepung karena sudak rusak dan tidak layak konsumsi. Artikel kali ini akan memberikan beberapa tips untuk meyimpan tepung.

Gunakan Daun Salam

Daun salam memiliki efek penolak serangga alami. Cukup masukkan beberapa lembar daun salam dalam wadah terigumu, agar baunya tidak berubah tengik.

Gunakan Arang

Cara paling kuno yang tebukti ampuh dan manjur ada pada arang yang dibungkus kain dan disimpan dalam wadah terigu. Arang dapat menghilangkan bau tengik dan membantu tidak bertumbuhnya telur kutu.

Simpan di Tempat Khusus

Jauhkan tepung terigu dari bahan yang berbau menyengat. Simpan tepung terigu di tempat khusus, pastikan tempatnya bersih dan kering. Kamu dapat menyimpan bersama kemasan langsung atau memindahkannya ke tempat yang baru.

Jangan Mencampurnya

Saat menyimpan tepung terigu, hindari mencampur dengan tepung yang lama dengan tepung yang baru. Meskipun tepung terigu tersebut dari merk dan jenis yang sama. Hal ini penting agar, tepung terigu terjaga kualitasnya.

Simpan di Tempat yang Dingin

Agar tetap awet dan tahan lama, simpan tepung terigu dalam lemari es. Pastikan kamu menyimpannya dalam tempat yang bersih dan tertutup rapat. Tepung yang disimpan dalam lemari es akan lebih awet dan tahan lama.

Beri Label Pada Kemasan

Jika kamu menyimpan berbagai jenis tepun, jangan lupa untuk memberi label pada kemasannya. Hal ini penting agar kamu tidak salah ambil. Selain itu warna dan bentuk tepung yang mirip akan mudahg untuk terttukar. Jadi memberi label adalah cara yang tepat untuk menghindari risiko tertukar dan salah ambil.

Simpan Dalam Freezer

Untuk menyimpan tepung dalam jangka waktu yang lama, freezer adalah pilihan yang tepat. Kamu dapat menyimpan tepung dalam freezer selama 48 jam untuk membunuh srangga dan kutu dalam tepung. Lakukan hal ini sebelum kamu memakai tepung yang akan kamu gunakan.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dirumah atau usaha Anda ketika ingin menyimpan tepung dalam waktu yang lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

logo-SFM-3201

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia